Mengapa Ayam Jantan berkokok Setiap Pagi Hari


Mengapa ayam jantan selalu berkokok saat menjelang subuh, bahkan sebelum matahari muncul di ufuk Timur? Ternyata menurut hasil penelitian, hal itu ada hubungannya dengan jam alarm alamiah yang dimiliki ayam jantan.
earthsky.org melansir ayam jantan berkokok karena memiliki jam internal yang membantunya mendahului terbitnya matahari. Seperti halnya burung, ayam jantan bernyanyi atau berkokok dalam siklus harian.

Hampir semua hewan memiliki siklus harian dari kegiatan yang dikenal sebagai ritme sirkadian. Ini adalah ritme biologis pada hewan, yang mengikuti siklus siang dan malam.

Ayam jantan mendahului matahari terbit untuk mengawali berburu makanan sehari-hari dan juga untuk pertahanan wilayah. Namun, jika satu ayam jantan tetangga memiliki jam internal yang telah diatur sedikit lebih awal, ini dapat merangsang ayam jantan lain untuk berkokok lebih awal juga.

Nyanyian ayam jantan saat matahari terbit sebenarnya adalah suatu cara untuk "membangun kekuasaan" wilayahnya. Ketika ayam berkokok, dia mengirimkan sinyal ke ayam jantan lainnya bahwa jika melanggar, berarti mereka minta berkelahi.

Manusia juga punya "jam alami" lho. Ketika akan tidur, ucapkan dg yakin pada diri sendiri ingin bangun jam berapa. Insya Allah anda akan bangun (setidaknya ngelilir jika malas bangun ) pada jam tersebut. Berhasil pada diriku. Entah pada anda. Hehehe

Semoga menambah wawasan

courtesy :
Miixedblog

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Mengapa Ayam Jantan berkokok Setiap Pagi Hari"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA