penjelasan teh hitam, teh oolong, teh hijau dan teh putih

  • TEH HIJAU

    Teh hijau (ryokucha) adalah teh yang sangat umum di Jepang sehingga bila disebut "teh" (ocha) maka kemungkinan besar yang dimaksudkan adalah teh hijau, dan baru disebut sebagai teh Jepang (nihoncha) kalau memang tersedia pilihan teh yang lain. Teh biasanya dijual dengan harga yang bergantung pada kualitas dan bagian dari tanaman yang dibuat teh.


     
  • Jenis-jenis teh hijau yang umum:
    • Gyokuro
    Teh terpilih dari daun teh kelas atas yang disebut Tencha. Teh dinamakan Gyokuro karena warna hijau pucat yang keluar dari daun teh. Daun dilindungi dari terpaan sinar matahari sehingga mempunyai aroma yang sangat harum.
    • Matcha
    Teh hijau berkualitas tinggi yang digiling menjadi bubuk teh dan dipakai untuk upacara minum teh. Matcha mempunyai aroma yang harum sehingga digunakan sebagai perasa untuk es krim rasa teh hijau, berbagai jenis kue tradisional Jepang (wagashi), berbagai permen dan coklat.
    • Sencha
              hijau yang biasa diminum sehari-hari, dibuat dari daun yang dibiarkan terpapar sinar matahari.
    • Genmaicha
    Teh jenis bancha dengan campuran butiran beras yang belum disosoh (genmai) yang dibuat menjadi berondong. Teh mempunyai aroma wangi butiran beras yang setengah gosong.
    • Kabusecha
    Teh jenis sencha yang daunnya dilindungi untuk beberapa lama dari terpaan sinar matahari sebelum dipanen. Aroma teh kabusecha sedikit lebih lembut dibandingkan dengan teh sencha.
    • Bancha
    Teh kasar yang dibuat dari panenan yang kedua kali antara musim panas dan musim gugur. Daun teh untuk teh bancha biasanya lebih besar dari daun teh sencha dan aromanya tidak begitu harum.
    • Hōjicha
    Teh yang digongseng di atas penggorengan atau di dalam oven.
    • Kukicha
    Teh berkualitas rendah dari daun teh bercampur tangkai daun teh.

A. Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Tubuh


Salah satu khasiat teh hijau bagi tubuh, yaitu kandungan antioksidan pada teh mampu menangkal radikal bebas pemicu kerutan. Oleh karena itu hindari buruknya radikal bebas dengan merawat kulit tubuh dengan teh hijau.

Caranya dengan seduh teh hijau dengan air panas, tunggu hingga dingin setelah itu saring ampas teh hijau dengan kain lembut. Lalu kompres bagian tubuh sebelum melakukan aktivitas diluar ruangan. Ini pun mampu menangkal dan melindungi kulit tubuh dari bahya radiasi sinar ultraviolet B atau lebih dikenal dengan UVB yang buruk bagi kulit tubuh.

Teh hijau menciptakan panas dalam tubuh, reaksi ini disebut thermogenesis, yang pada gilirannya membakar lemak dan bahan bakar lainnya dalam tubuh. Oleh karena itu, teh ini adalah bentuk yang paling alami dan paling aman untuk membakar timbunan lemak dalam tubuh Anda.

Selain itu teh hijau pun mampu menghilangkan bau pada bagian kaki dan ketiak. Caranya gunakan ampas teh hijau yang sebelumnya telah diseduh dengan air panas, tunggu hingga sedikit dingin, lalu ampas tersebut usapkan pada daerah ketiak tunggu selama 5 menit setelah itu bilas. Dan untuk menetralkan aroma tidak sedap pada kaki, gunakan air seduhan teh hijau lalu rendam kaki selama 20 menit.

B. Khasiat Teh Hijau untuk Wajah


Kandungan antioksidan yang dimiliki oleh teh ternyata mampu membuat kulit wajah menjadi lebih terlihat segar dan cerah. Dan berikut cara mengolah teh untuk merawat wajah dan mata.

Untuk melembapkan kulit dan menghindari kulit kering. Buat masker teh dengan campuran oatmeal dan lemon, caranya dengan campurkan beberapa sendok air teh dengan beberapa tetesan jeruk lemon kedalam 3 sendok oatmeal. Setelah itu balurkan keseluruh bagian wajah sambil dipijat ringan dengan gerakan tangan memutar agar aliran darah pada wajah lancar. Setelah itu, diamkan selama 15 menit, lalu basuh dengan air dingin.

Selain merawat kecantikan kulit wajah, teh hijau pun mampu mengurangi kantung hitam pada bawah mata. Kandungan tanin yang terdapat pada teh hijau mampu mengurangi bengkak dan mengembalikan kesegaran kulit disekitar mata. Gunakan kantung teh setelah diseduh dengan air panas, kompres dibagian bawah mata diamkan selama 20 menit.

C. The Hijau untuk Kecantikan Rambut


Manfaat teh hijau lainnya adalah mempertahankan keindahan dan kesehatan rambut karena rambut adalah mahkota setiap wanita yang harus selalu dijaga keindahannya. Kandungan pathenol pada teh hijau pun mampu mengurangi rambut pecah dan bercabang.

Dan cara agar rambut dapat lebih kuat, sehat dan bersinar, dapat diperoleh dengan menggunakan teh hijau yang telah diendapkan semalaman tanpa gula, lalu gosokan air teh hijau tersebut pada seluruh bagian rambut, diamkan selama 15 menit setelah itu bilas dengan sampo.


  • TEH OOLONG
 Teh oolong (Hanzi tradisional: 烏龍; Hanzi Sederhana: 乌龙; pinyin: wūlóng; juga disebut 青茶 qīngchá) adalah sejenis teh Tionghoa. Warnanya bisa dibilang antara hijau dan hitam.

Teh oolong yang diseduh dengan baik memiliki rasa yang pahit, namun meninggalkan rasa sedikit manis setelah diminum. Umumnya teh jenis inilah yang disajikan di restoran-restoran Tionghoa yang menghidangkan dim sum atau masakan Tionghoa lainnya.

Kebanyakan daun teh oolong dihasilkan di provinsi Fujian, juga dihasilkan perkebunan teh di Taiwan. Varian teh oolong yang terkenal contohnya adalah tieguanyin (鐵觀音) yang berasal dari Fujian.ASA USUL TEH OLONG

MANFAATNYA :
1. Membantu Meluruhkan Lemak

2. Bantu Pembakaran Kalori

3. Menyehatkan Kulit



  •  TEH HITAM


  • Teh hitam lebih teroksidasi daripada ragam teh hijau, oolong dan putih; keempat varietas itu terbuat dari daun Camellia sinensis. Teh hitam umumnya lebih berasa seleranya dan lebih banyak mengandung kafein daripada teh yang tak teroksidasi.

    Dalam bahasa Tionghoa dan bahasa-bahasa yang secara kultural dipengaruhi, teh hitam dikenal sebagai teh merah (紅茶, Bahasa Mandarin hóngchá; bahasa Jepang kōcha; bahasa Korea hongcha), barangkali merupakan deskripsi lebih akurat atas warna airnya. Namun, nama teh hitam bisa pula merujuk ke warna daun yang teroksidasi. Dalam bahasa Tionghoa, teh hitam adalah klasifikasi yang umum digunakan buat teh pascafermentasi, seperti teh Pu-erh. Namun, di dunia Barat, "teh merah" biasanya merujuk ke tisane rooibos dari Afrika Selatan.

    Bila teh hijau biasanya kehilangan rasanya dalam setahun, rasa teh hitam tetap bertahan selama beberapa tahun. Atas alasan ini, teh hijau sudah lama diperdagangkan, dan balok teh hitam yang dipadatkan malah menjadi mata uang de facto di Mongolia, Tibet dan Siberia pada abad ke-19.

    Istilah teh hitam juga digunakan untuk menggambarkan secangkir teh tanpa susu, mirip dengan kopi yang dihidangkan susu maupun krim. Di negara-negara Persemakmuran, teh hitam biasanya tidak diminum begitu saja tapi diberi susu.
Kasiat dan Kegunaan :


  • Menurunkan resiko serangan stroke
  • Menurunkan Kolesterol dan resiko serangan jantung
  • Menurunkan resiko kanker
  • Mencegah penyempitan pembuluh darah
  • Meningkatkan fertilitas (kesuburan) pada wanita
  • Anti penuaan dini
  • Mengatasi infeksi virus, bakteri dan jamur
  • Meningkatkan aktifitas insulin pada penderita diabetes (penyakit gula)
  • Menormalkan tekanan darah pada penderita hypertensi
  • Menormalkan kadar asam urat dalam darah bagi penderita asam urat
  • Meningkatkan stamina (vitalitas) dan libido
  • Mempertahankan keutuhan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis
  • Mwnurunkan berat badan bagi yang kegemukan tapi tidak untuk yang kurus
  • Menekan proses pembentukan plak dan sakit gigi
  • Mencegah pembengkakan gusi dan bau mulut
  • Meningkatkan daya pikir dan konsentrasi
  • Baik untuk perokok menetralisir radikal bebas
  • Baik untuk penderita asma dan penyakit maag
  • Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh (teh hitam dapat mrningkatkan jumlah sel darah putih yang bertanggung jawab melawan infeksi)
Efek Langsung dari Blesstea adalah sebagai berikut :
  • Mendapatkan refreshing, relaxation, energizer
  • Menekan gejala flu, pilek, demam dan sakit kepala/migran
  • Melancarkan pencernaan, buang air besar dan sekresi air seni
  • Memperbaiki gangguan pola tidur
  • Menghirup uapnya selagi panas dapat melegakan tenggorokan dan menghilangkan pegal-pegal pada bagian bahu


  •  TEH PUTIH


Teh putih (白茶) adalah daun teh yang belum diawetkan dan di oksidasi. Seperti teh hijau, teh oolong dan teh hitam, teh putih berasal dari tanaman Camellia sinensis.
Teh putih kadang mengandung bunga dan daun teh yang masih muda, yang kemudian diketahui mengandung kafeina lebih rendah dibandingkan daun yang lebih tua, dan dapat disimpulkan bahwa teh putih mengandung lebih sedikit kafeina dibandingkan dengan teh hijau

MANFAATNYA

Anti virus dan bakteri

Studi yang dilakukan di Universitas Pace telah menunjukkan bahwa ekstrak teh putih mungkin memiliki aplikasi profilaksis yang dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi aureus, infeksi Steptococcus, pneumonia, dan karies gigi.

Studi juga menemukan fakta bahwa teh putih lebih efektif daripada teh hijau untuk menonaktifkan virus bakteri serta memiliki efek anti-virus pada virus patogenik manusia.

Anti jamur efek

Ada studi yang telah dilakukan yang menunjukkan bahwa hal ini memiliki efek anti-jamur pada Penicillium chrysogenum dan Saccharomyces Cerervisiae. Ditemukan bahwa di dalam teh putih ekstrak sama sekali tidak aktif.

Kanker Kulit dan Perlindungan Kerusakan kulit
Para ilmuwan menemukan bahwa ekstrak teh putih dapat melindungi pemusnahan sel Langerhans. Teh putih juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "penjelasan teh hitam, teh oolong, teh hijau dan teh putih"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA