pengertian akar dan strukur anatomi akar

HAI sahabat BLOGGER JEMO LINTANK dihari raya idul adha hari ini admin menyempatkan untuk posting dulu tentang pengertian akar dan strukur anatomi akar . oh iya sebelumnya admin mengucapakan mohon maaf lahir dan bathin selamat hari raya idul adha :)

barusan admin posting tentang MANFAAT BAWANG BOMBAY BAGI TUBUH MANUSIA nah sekarang admin posting tentang pengertian akar dan strukur anatomi akar . yuk langsung kita simak

pengertian akar dan strukur anatomi akar
pengertian akar dan strukur anatomi akar

akar merupakan bagian paling bawah dari tumbuhan. akar befungsi untuk menambatkan dan memperkokoh berdirinya tumbuhan, menyerap air dan garam mineral, tempat menyimpan cadangan makanan, dan bernapas.

pada kelompok tumbuhan berbiji, ada dua sistem perakaran, yaitu sistem perakaran tunggang dan serabut. sistem perakaran tunggang mempunyai bagian berukuran besar yang disebut akar utam. disekitar akar utama, tumbuh akar-akar kecil sebagai akar cabang. jadi, sistem perakaran tunggang terdiri atas akar utama dan akar cabang. sistem perakaran tunggang terdapat pada tumbuhan dikotil, misalnya mangga, wortel dan rambutan.
sistem perakaran serabut tidak mempunyai akar utama. akar tumbuh dari pangkal batang dan bercabang-cabang membentuk struktur seperti serabut. sistem perakaran serabut terdapat pada tumbuhan monokotil, misalnya rumput, padi dan jagung.

struktur anatomi akar terdiri atas epidermis, korteks, endodermis, dan silinder pusat. mari kita pelajari satu persatu.

a. epidermis

epidermis terdiri atas satu lapis sel yang tersusun rapat tanpa ruang antarsel. pada permukaan luar epidermis, terdapat rambut akar yang berfungsi memperluas bidang penyerapan serta menyerap air dan garam mineral.

b. korteks

disebelah dalam epidermis, terbentuk suatu lapisan yang terdiri atas sel-sel parenkimia yang disebut korteks. dingding selnya tipis dan mempunyai banyak ruang antarsel untuk pertukaran gas. korteks berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan.

c. endodermis

korteks dan silinder pusat dibatasi oleh selapis sel yang disebut endodermis. dinding sel endodermis mengalami penebalan lignin dan suberin.. penebalan ini membentuk struktur seperti pita yang disebut pita caspary. penebalan ini menyebabkan dinding sel endodermis tidak dapat ditembus air dan zat lainnnya.

d. silinder pusat ( stele )

silinder pusat terletak di sebelah dalam endodermis. pada silinder pusat terdapat berkas pengangkut dan jaringan-jaringan lainnya. dua lapisan terluar dari silinder pusat terdapat perisikel atau perikambium. aktivitas perisikel membentuk cabang-cabang akar. berkas pengangkut terdiri atas xilem dan floem yang tersusun teratur membentuk jari-jari atau  radial. floem terletak disebelah luar xilem. pada akar dikotil, xilem berbentuk bintang dan berada dipusat akar. pada akar tumbuhan monokotil, letak xilem dan floem berselang-berseling membentuk lingkaran. selain itu, pada akar tumbuhan monokotil terdapat empulur, sedangkan pada tumbuhan dikotil tidak terdapat empulur.
itulah artikel pengertian akar dan strukur anatomi akar . sampai jumpa pada info-info lainnya hanya di BLOGGER JEMO LINTANK . bye :)

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "pengertian akar dan strukur anatomi akar"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA