loading...

10 Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu

Setelah membahas Tradisi dan Kepercayaan di Indonesia . kali ini BLOGGER JEMO LINTANK posting tentang 10 Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu . MAU TAHU FAKTA APA SAJA ? YUK LANGSUNG DI BACA
  • Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu 1
10 Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu
10 Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu
1. Di Cina, tikus merupakan salah satu hewan yang dijadikan sebagai lauk pauk. Tikus dipercaya mempunyai kandungan protein tinggi.

Ada yang mau mencoba tikus ?







  • Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu 2
2. Orang Korea kalau ke pasar cuma mau beli ikan yang masih hidup, dibawa pulang dengan plastik berisi air dan ikan-nya.


10 Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu
10 Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu
  • Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu3
3. Tersenyum bisa mengurangi stres dan mampu membantu meminimalkan garis kerutan di dahi.


Selain itu fakta unik tersenyum juga bermanfaat untuk :
10 Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu
10 Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu
1. Senyum membuat seseorang lebih menarik
Secara tidak sadar senyum bisa membuat orang lebih menarik karena ada faktor daya tarik tertentu dan membuat seseorang terlihat lebih baik dibanding mengerutkan kening, cemberut atau meringis.

2. Senyum bisa mengubah suasana hati
Tersenyum bisa mengelabui tubuh sehingga membantu seseorang mengubah suasana hatinya menjadi lebih baik. Untuk itu jika merasa sedih, cobalah untuk tersenyum.

3. Senyum bisa menular
Tersenyum tak hanya mengubah suasana hati orang tersebut tapi juga orang-orang disekitarnya, dan membuat hal-hal menjadi lebih bahagia. Ini karena senyum bisa menular dan membawa kebahagiaan bagi orang lain.

4. Senyum bisa meredakan stres
Orang yang stres bisa terlihat dari wajahnya, tapi dengan tersenyum bisa mencegah seseorang tampak letih dan lelah. Jika sedang stres, cobalah ambil waktu untuk tersenyum, karena bisa mengurangi stres sehingga lebih mampu mengambil tindakan

5. Senyum meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Tersenyum bisa membantu sistem kekebalan tubuh untuk bekerja lebih baik. Ketika seseorang tersenyum maka fungsi imun meningkat yang membuat seseorang merasa lebih rileks dan terhindar dari penyakit seperti flu dan pilek.

6. Senyum menurunkan tekanan darah
Ketika tersenyum maka ada penurunan nilai tekanan darah yang terukur. Cobalah mengukur tekanan darah saat duduk di rumah sambil membaca, lalu tersenyum selama 1 menit dan mengukur tekanan darah kembali, maka akan terlihat perbedaan.

7. Senyum bisa melepaskan endorfin, penghilang rasa sakit dan serotonin
Studi telah menunjukkan senyum bisa melepaskan endorfin, senyawa yang bisa mengurangi rasa sakit secara alami dan serotonin. Ketiganya bisa membuat orang merasa lebih baik dan menjadi obat yang alami.

8. Lipatan senyum di wajah bisa membuat orang terlihat lebih muda
Otot-otot yang digunakan untuk tersenyum bisa membantu mengangkat wajah sehingga membuat orang tampak lebih muda. Karenanya cobalah lebih sering tersenyum yang membuat merasa lebih muda dan lebih baik.

9. Tersenyum bisa membuat orang terlihat sukses
Orang yang tersenyum akan terlihat lebih percaya diri sehingga lebih dipromosikan, selain itu pasang senyum di setiap pertemuan akan memiliki reaksi yang berbeda.

10. Senyum bisa membantu orang tetap positif
Senyum akan membuat orang lebih positif dan mengurangi pikiran negatif. Dengan mengurangi depresi, stres dan khawatir maka kesehatan seseorang juga akan meningkat dan menghindarinya dari berbagai risiko penyakit.

  • Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu 4
4. Kebiasaan baik di pagi hari seperti berdoa dan membersihkan diri, efektif bisa membantu
pembentukan mood positif sepanjang hari.

10 Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu
10 Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu
Pertama: Do’a adalah ibadah dan salah satu bentuk ketaatan kepada Allah.
Kedua: Do’a adalah sebab untuk mencegah bala’ bencana.
Ketiga: Do’a itu amat bermanfaat dengan izin Allah
Keempat:  Do’a adalah sebab kuat dan semakin mendapatkan pertolongan menghadapi musuh.
Kelima: Do’a merupakan bukti benarnya iman dan pengenalan seseorang pada Allah baik dalam rububiyah, uluhiyah maupun nama dan sifat-Nya. Do’a seorang manusia kepada Rabbnya menunjukkan bahwa ia yakini Allah itu ada dan Allah itu Maha Ghoni (Maha Mencukupi), Maha Melihat, Maha Mulia, Maha Pengasih, Maha Mampu, Rabb yang berhak diibadahi semata tidak pada selainnya.
Keenam: Do’a menunjukkan bukti benarnya tawakkal seseorang kepada Allah Ta’ala. Karena seorang yang berdo’a ketika berdo’a, ia berarti meminta tolong pada Allah. Ia pun berarti menyerahkan urusannya kepada Allah semata tidak pada selain-Nya.
Ketujuh: Do’a adalah sebagai peredam murka Allah.

  • Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu 5
10 Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu
10 Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu
5. Nenek-nenek gaul di jepang banyak mengecat rambutnya dengan warna biru, ungu dan pink.
( kalo yang ini tidak baik dicontoh, udah tua bukannya tobat )










  •  Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu 6
6. Produksi sel pelindung otak meningkat saat kita tidur. [University of Wisconsin]


 Selain fakta tersebut, Fakta unik tidur juga mempunyai berbagai manfaat seperti :

1. Tidur menjaga jantung Anda tetap sehat
Serangan jantung dan stroke sering kali terjadi selama jam-jam pagi atau subuh. Fakta ini dapat dijelaskan oleh cara kita tidur berinteraksi dengan kinerja pembuluh darah kita. Tidur yang kurang telah dihubungkan dengan memburuknya tekanan darah dan kolesterol, dan semua ini menyebabkan risiko terhadap penyakit jantung dan stroke. Jantung Anda akan lebih sehat jika tidur diantara 7-9 jam per malam.

2. Tidur dapat mencegah kanker
Orang yang bekerja malam akan lebih berisiko terkena kanker payudara dan kanker usus besar. Para peneliti meyakini bahwa hubungan ini disebabkan perbedaan melatonin terhadap orang yang terpapar cahaya pada malam hari. Paparan cahaya mengurangi kadar melatonin,yaitu hormone yang membuat kita bisa merasa ngantuk dan sekalian juga menjaga tubuh dengan melawan kanker. Melatonin keluar untuk menahan perkembangan tumor. Pastikan agar kamar Anda gelap agar membantu tubuh Anda memproduksi melatonin.

3. Tidur dapat mengurrangi stres
Ketika tubuh Anda kurang tidur, dan hal itu akan memancing stress. Fungsi tubuh akan berada pada kondisi sangat waspada yang akan menimbulkan kenaikan tekanan darah dan pelepasan hormone stres. Tekanan darah yang tinggi akan meningkatkan resiko terkena serangan jantung dan stroke.

4. Tidur dapat mengurangi peradangan
Peningkatan hormon stres akan meningkatkan tingkat peradangan pada tubuh Anda, juga akan menciptakan risiko yang lebih besar pada kanker dan diabetes. Peradangan dipandang sebagai salah satu penyebab kondisi tubuh kelihatan cepat tua. Oleh karena itu, orang yang kurang tidur akan lebih cepat kelihatan tua.

5. Tidur membuat Anda lebih siaga
Tentu saja, tidur malam yang baik akan membuat merasa bersemangat dan siaga keesokan harinya. Merasa aktif dan bersemangat sepanjang hari juga akan meningkatkan kesempatan Anda untuk tidur dangan baik lagi pada malamnya. Ketika Anda bangun dan merasa segar, gunakan energi itu secara aktif pada setiap kesibukan Anda, maka akan menigkatkan kualitas tidur Anda malamnya dan akan menambah energi Anda setiap pagi berikutnya.

6. Tidur dapat meningkatkan memori
Penelitian tidak dapat memahami dengan begitu jelas kenapa kita tidur dan bermimpi, tetapi sebuah proses yang disebut memory consolidation (penggabungan memori) terjadi ketika kita tidur. Ketika tubuh Anda beristirahat, otak Anda tetap berproses, membuat koneksi antara kejadian-kejadian, perasaan-perasaan dan memori-memori. Semakin tinggi kualitas tidur Anda akan membantu Anda mengingat dan memproses berbagai lebih baik.

7. Tidur dapat membantu Anda mengurangi berat badan
Penelitian juga menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari 7 jam per malam akan lebih gampang terkena kegemukan dan obesitas. Hal ini berdasar jika kurang tidur akan mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh yang akan mempengaruhi nafsu makan. Jadi, jika Anda tertarik untuk mengotrol berat badan, harap diperhatikan untuk selalu mendapatkan tidur yang baik setiap malam.

8. Tidur siang dapat membuat Anda lebih pintar
Tidur sebentar pada siang hari tidak hanya efektif sebagai alternatif refreshing, juga dapat menjaga kesehatan Anda dan menjaga Anda untuk tetap produktif. Orang-orang yang tidur sebentar ketika tidur memiliki tingkat stress yang lebih rendah. Tidur siang juga dapat meningkatkan daya ingat, fungsi kognitif (otak) dan mood.

9. Tidur dapat mengurangi risiko depresi
Tidur sangat berpengaruh besar terhadap zat-zat kimia dalam tubuh kita, termasuk serotonin. Orang yang kekurangan serotonin akan lebih gampang menderita depresi. Anda dapat mencengah depresi dengan memastikan tidur selama 7-9 jam setiap malam.

10. Tidur membantu tubuh Anda memperbaiki bagian-bagian yang rusak atau aus
Tidur adalah waktu untuk memperbaiki kerusakan akibat stres, sinar ultra violet, dan paparan-paparan berbahaya lainnya. Sel-sel dalam tubuh memproduksi lebih banyak protein ketika tidur. Protein ini berguna untuk memperbaiki kerusakaan-kerusakan tadi.

Meningkatkan memori

Tahukah anda jika pikiran anda sangat sibuk jika sedang terjaga?. Selama tidur kita akan memperkuat ingatan, dan mempraktekkan ketrampilan yang dipelajari saat terjaga(ini adalah proses yang disebut dengan konsolidasi). Jika Anda mencoba untuk mempelajari sesuatu, baik itu fisik atau mental, maka selanjutnya Anda akan mempraktekkannya. Tetapi sesuatu terjadi saat Anda tidur, yaitu sesuatu yang membuat belajar Anda menjadi lebih baik.
Dengan kata lain,  jika Anda mencoba untuk mempelajari sesuatu, maka hasilnya akan kelihatan lebih baik setelah Anda tidur.

Kesempatan hidup lebih lama?

Terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur dikaitkan dengan umur yang lebih pendek, meskipun belum jelas apa penyebab dan efeknya. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap wanita usia 50 hingga 79 pada tahun 2010, kematian lebih banyak terjadi pada wanita yang tidur kurang dari lima jam atau lebih sedikit setiap malam.

Tidur mempengaruhi kualitas hidup.

Banyak orang yang menganggap sepele dengan waktu tidur. Namun faktanya, jika Anda memiliki tidur yang lebih baik, maka Anda pasti bisa hidup lebih baik.

Mencegah peradangan

Peradangan adalah kondisi yang sangat terkait dengan penyakit jantung, stroke, diabetes, arthritis, dan penuaan dini. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur, enam jam tidur atau kurang setiap malam,  memiliki tingkat protein inflamasi dalam darah yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka memiliki waktu tidur lebih banyak. Sebuah studi pada tahun 2010 menemukan bahwa protein C-reaktif, yang berhubungan dengan risiko serangan jantung, lebih tinggi pada orang-orang yang memiliki waktu tidur malam enam jam atau lebih sedikit. Orang dengan masalah sleep apnea atau insomnia bisa mengalami peningkatan tekanan darah dan peradangan dengan penggunaan obat-obatan gangguan tidur.

Memacu kreatifitas

Dapatkan tidur malam yang baik sebelum Anda keluar rumah untuk bekerja. Selain mengkonsolidasi dan memperkuat memori, otak juga akan menata dan merestrukturisasi memori, sehingga memberikan kita lebih banyak kreatifitas. Para peneliti di Harvard University dan Boston College menemukan bahwa selama tidur sepertinya memperkuat komponen emosional memori, yang bisa membantu memacu proses kreatif.

Menjadi Juara olahraga

Jika Anda seorang atlet, tidur mungkin adalah satu cara sederhana untuk meningkatkan kinerja Anda. Sebuah studi yang dilakukan Stanford University menemukan bahwa : Pemain sepak bola disebuah perguruan tinggi yang mencoba tidur setidaknya 10 jam setiap malam selama tujuh sampai delapan minggu,rata-rata meningkatkan waktu sprint, tidak terlalu merasa lelah disiang hari, dan lebih banyak memiliki stamina. Hasil penelitian ini mencerminkan temuan sebelumnya, yaitu terlihat pada pemain tenis dan atlit berenang.

Meningkatkan nilai akademis

Anak-anak yang berusia antara usia 10 dan 16 yang memiliki gangguan pernapasan tidur, diantaranya mendengkur, sleep apnea, dan jenis-jenis gangguan pernapasan saat tidur, lebih cenderung memiliki masalah dengan perhatian dan pembelajaran – menurut sebuah studi tahun 2010 pada Journal Sleep. Hal ini bisa mengakibatkan  “gangguan fungsional yang signifikan di sekolah,” menurut para penulis penelitian.
Dalam studi lain, mahasiswa yang tidak mendapatkan cukup waktu tidur memiliki nilai yang lebih buruk daripada mereka yang cukup tidur.
Bagi yang mencoba untuk memenuhi target waktu, biasanya akan mengorbankan tidur. Akan tetapi kurang tidur yang parah jelas mengganggu belajar.

Mencegah hiperaktif pada anak-anak

Kurangnya tidur dapat menyebabkan gejala ADHD pada anak-anak. Anak-anak tidak bereaksi sama seperti pada orang dewasa jika kurang tidur. Jika orang dewasa mengantuk, maka anak-anak cenderung menjadi hiperaktif jika kurang tidur
Sebuah studi 2009 di jurnal Pediatrics menemukan bahwa anak-anak berusia tujuh dan delapan tahun yang mendapatkan kurang dari delapan jam tidur malam, lebih cenderung menjadi hiperaktif, lalai, dan impulsif. Para peneliti mendiagnosa dan mengukur waktu tidur dengan mengukur perubahan listrik di otak. Jadi tidak mengherankan jika tidur mempengaruhi otak.

Memiliki berat badan yang sehat

Jika Anda berpikir tentang diet menurunkan berat badan, Anda mungkin juga perlu untuk merencanakan waktu tidur lebih awal.
Para peneliti di University of Chicago menemukan bahwa orang yang diet dengan waktu istirahat yang baik,  lebih banyak mengalami kehilangan lemak hingga 56% dari berat badan. Sebaliknya dengan mereka yang kurang tidur, yang justru kehilangan lebih banyak massa otot. Masih dalam penelitian ini juga, orang yang mendapat sedikit tidur merasa lebih lapar. Tidur dan metabolisme tubuh dikendalikan oleh sektor yang sama dari otak, sehingga ketika Anda mengantuk, hormon tertentu dalam tubuh akan naik dalam darah dan mendorong nafsu makan.

Lebih rendah stres

Dalam urusan kesehatan, stres dan tidur merupakan 2 hal yang hampir menyatu, dan keduanya bisa mempengaruhi kesehatan jantung.
Tidur pasti bisa mengurangi tingkat stres, dan dengan demikian orang lebih bisa mengontrol tekanan darah mereka menjadi lebih baik. Dipercaya juga bahwa tidur memiliki efek dengan tingkat kolesterol, yang berperan penting untuk penyakit jantung.,

Menghindari kecelakaan

The National Highway Traffic Safety Administration melaporkan pada hasil penelitian tahun 2009, bahwa kurang tidur menyumbang jumlah tertinggi kecelakaan mobil tunggal fatal faktor human error, bahkan lebih tinggi dari akibat pengaruh alko*ol. Mengantuk seringkali disepelekan oleh kebanyakan orang, walaupun akibatnya bisa sangat besar dimasyarakat. Kurang tidur bisa mempengaruhi waktu reaksi dan pengambilan keputusan.
Kurang tidur walaupun hanya satu malam bisa merusak kemampuan mengemudi Anda seperti halnya minuman beralk*hol.

Menjauhkan dari depresi

Tidur nyenyak tidak hanya sekedar untuk meningkatkan suasana hati dan meredam marah, tetapi juga sangat berarti bagi kesejahteraan kita secara keseluruhan.
Kurang tidur dapat menyebabkan depresi. Tidur malam yang berkualitas benar-benar bisa membantu orang yang depresi dan mengurangi kecemasannya. Anda akan mendapatkan lebih banyak stabilitas emosional jika mendapatkan tidur yang baik.
Tidur yang baik harus didapatkan setiap hari. Tidak bisa, jika waktu kurang tidur sebelumnya dikumpulkan dan digabungkan menjadi satu dengan tidur seharian pada hari minggu. Semuanya butuh keseimbangan.
Karena begitu pentingnya manfaat tidur bagi kesejahteraan hidup secara keseluruhan, sebaiknya hindari hal-hal yang bisa memicu kesulitan tidur . Hindari kafeion sesaat menjelang tidur, dan pastikan tempat tidur Anda gelap dan nyaman, atau hindari film menakutkan sebelum tidur.
- See more at: http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/10-manfaat-tidur-cukup-setiap-malam.html#sthash.QkGUrdrZ.dpuf

Meningkatkan memori

Tahukah anda jika pikiran anda sangat sibuk jika sedang terjaga?. Selama tidur kita akan memperkuat ingatan, dan mempraktekkan ketrampilan yang dipelajari saat terjaga(ini adalah proses yang disebut dengan konsolidasi). Jika Anda mencoba untuk mempelajari sesuatu, baik itu fisik atau mental, maka selanjutnya Anda akan mempraktekkannya. Tetapi sesuatu terjadi saat Anda tidur, yaitu sesuatu yang membuat belajar Anda menjadi lebih baik.
Dengan kata lain,  jika Anda mencoba untuk mempelajari sesuatu, maka hasilnya akan kelihatan lebih baik setelah Anda tidur.

Kesempatan hidup lebih lama?

Terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur dikaitkan dengan umur yang lebih pendek, meskipun belum jelas apa penyebab dan efeknya. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap wanita usia 50 hingga 79 pada tahun 2010, kematian lebih banyak terjadi pada wanita yang tidur kurang dari lima jam atau lebih sedikit setiap malam.

Tidur mempengaruhi kualitas hidup.

Banyak orang yang menganggap sepele dengan waktu tidur. Namun faktanya, jika Anda memiliki tidur yang lebih baik, maka Anda pasti bisa hidup lebih baik.

Mencegah peradangan

Peradangan adalah kondisi yang sangat terkait dengan penyakit jantung, stroke, diabetes, arthritis, dan penuaan dini. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur, enam jam tidur atau kurang setiap malam,  memiliki tingkat protein inflamasi dalam darah yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka memiliki waktu tidur lebih banyak. Sebuah studi pada tahun 2010 menemukan bahwa protein C-reaktif, yang berhubungan dengan risiko serangan jantung, lebih tinggi pada orang-orang yang memiliki waktu tidur malam enam jam atau lebih sedikit. Orang dengan masalah sleep apnea atau insomnia bisa mengalami peningkatan tekanan darah dan peradangan dengan penggunaan obat-obatan gangguan tidur.

Memacu kreatifitas

Dapatkan tidur malam yang baik sebelum Anda keluar rumah untuk bekerja. Selain mengkonsolidasi dan memperkuat memori, otak juga akan menata dan merestrukturisasi memori, sehingga memberikan kita lebih banyak kreatifitas. Para peneliti di Harvard University dan Boston College menemukan bahwa selama tidur sepertinya memperkuat komponen emosional memori, yang bisa membantu memacu proses kreatif.

Menjadi Juara olahraga

Jika Anda seorang atlet, tidur mungkin adalah satu cara sederhana untuk meningkatkan kinerja Anda. Sebuah studi yang dilakukan Stanford University menemukan bahwa : Pemain sepak bola disebuah perguruan tinggi yang mencoba tidur setidaknya 10 jam setiap malam selama tujuh sampai delapan minggu,rata-rata meningkatkan waktu sprint, tidak terlalu merasa lelah disiang hari, dan lebih banyak memiliki stamina. Hasil penelitian ini mencerminkan temuan sebelumnya, yaitu terlihat pada pemain tenis dan atlit berenang.

Meningkatkan nilai akademis

Anak-anak yang berusia antara usia 10 dan 16 yang memiliki gangguan pernapasan tidur, diantaranya mendengkur, sleep apnea, dan jenis-jenis gangguan pernapasan saat tidur, lebih cenderung memiliki masalah dengan perhatian dan pembelajaran – menurut sebuah studi tahun 2010 pada Journal Sleep. Hal ini bisa mengakibatkan  “gangguan fungsional yang signifikan di sekolah,” menurut para penulis penelitian.
Dalam studi lain, mahasiswa yang tidak mendapatkan cukup waktu tidur memiliki nilai yang lebih buruk daripada mereka yang cukup tidur.
Bagi yang mencoba untuk memenuhi target waktu, biasanya akan mengorbankan tidur. Akan tetapi kurang tidur yang parah jelas mengganggu belajar.

Mencegah hiperaktif pada anak-anak

Kurangnya tidur dapat menyebabkan gejala ADHD pada anak-anak. Anak-anak tidak bereaksi sama seperti pada orang dewasa jika kurang tidur. Jika orang dewasa mengantuk, maka anak-anak cenderung menjadi hiperaktif jika kurang tidur
Sebuah studi 2009 di jurnal Pediatrics menemukan bahwa anak-anak berusia tujuh dan delapan tahun yang mendapatkan kurang dari delapan jam tidur malam, lebih cenderung menjadi hiperaktif, lalai, dan impulsif. Para peneliti mendiagnosa dan mengukur waktu tidur dengan mengukur perubahan listrik di otak. Jadi tidak mengherankan jika tidur mempengaruhi otak.

Memiliki berat badan yang sehat

Jika Anda berpikir tentang diet menurunkan berat badan, Anda mungkin juga perlu untuk merencanakan waktu tidur lebih awal.
Para peneliti di University of Chicago menemukan bahwa orang yang diet dengan waktu istirahat yang baik,  lebih banyak mengalami kehilangan lemak hingga 56% dari berat badan. Sebaliknya dengan mereka yang kurang tidur, yang justru kehilangan lebih banyak massa otot. Masih dalam penelitian ini juga, orang yang mendapat sedikit tidur merasa lebih lapar. Tidur dan metabolisme tubuh dikendalikan oleh sektor yang sama dari otak, sehingga ketika Anda mengantuk, hormon tertentu dalam tubuh akan naik dalam darah dan mendorong nafsu makan.

Lebih rendah stres

Dalam urusan kesehatan, stres dan tidur merupakan 2 hal yang hampir menyatu, dan keduanya bisa mempengaruhi kesehatan jantung.
Tidur pasti bisa mengurangi tingkat stres, dan dengan demikian orang lebih bisa mengontrol tekanan darah mereka menjadi lebih baik. Dipercaya juga bahwa tidur memiliki efek dengan tingkat kolesterol, yang berperan penting untuk penyakit jantung.,

Menghindari kecelakaan

The National Highway Traffic Safety Administration melaporkan pada hasil penelitian tahun 2009, bahwa kurang tidur menyumbang jumlah tertinggi kecelakaan mobil tunggal fatal faktor human error, bahkan lebih tinggi dari akibat pengaruh alko*ol. Mengantuk seringkali disepelekan oleh kebanyakan orang, walaupun akibatnya bisa sangat besar dimasyarakat. Kurang tidur bisa mempengaruhi waktu reaksi dan pengambilan keputusan.
Kurang tidur walaupun hanya satu malam bisa merusak kemampuan mengemudi Anda seperti halnya minuman beralk*hol.

Menjauhkan dari depresi

Tidur nyenyak tidak hanya sekedar untuk meningkatkan suasana hati dan meredam marah, tetapi juga sangat berarti bagi kesejahteraan kita secara keseluruhan.
- See more at: http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/10-manfaat-tidur-cukup-setiap-malam.html#sthash.XoMjpHHg.dpuf

Meningkatkan memori

Tahukah anda jika pikiran anda sangat sibuk jika sedang terjaga?. Selama tidur kita akan memperkuat ingatan, dan mempraktekkan ketrampilan yang dipelajari saat terjaga(ini adalah proses yang disebut dengan konsolidasi). Jika Anda mencoba untuk mempelajari sesuatu, baik itu fisik atau mental, maka selanjutnya Anda akan mempraktekkannya. Tetapi sesuatu terjadi saat Anda tidur, yaitu sesuatu yang membuat belajar Anda menjadi lebih baik.
Dengan kata lain,  jika Anda mencoba untuk mempelajari sesuatu, maka hasilnya akan kelihatan lebih baik setelah Anda tidur.

Kesempatan hidup lebih lama?

Terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur dikaitkan dengan umur yang lebih pendek, meskipun belum jelas apa penyebab dan efeknya. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap wanita usia 50 hingga 79 pada tahun 2010, kematian lebih banyak terjadi pada wanita yang tidur kurang dari lima jam atau lebih sedikit setiap malam.

Tidur mempengaruhi kualitas hidup.

Banyak orang yang menganggap sepele dengan waktu tidur. Namun faktanya, jika Anda memiliki tidur yang lebih baik, maka Anda pasti bisa hidup lebih baik.

Mencegah peradangan

Peradangan adalah kondisi yang sangat terkait dengan penyakit jantung, stroke, diabetes, arthritis, dan penuaan dini. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur, enam jam tidur atau kurang setiap malam,  memiliki tingkat protein inflamasi dalam darah yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka memiliki waktu tidur lebih banyak. Sebuah studi pada tahun 2010 menemukan bahwa protein C-reaktif, yang berhubungan dengan risiko serangan jantung, lebih tinggi pada orang-orang yang memiliki waktu tidur malam enam jam atau lebih sedikit. Orang dengan masalah sleep apnea atau insomnia bisa mengalami peningkatan tekanan darah dan peradangan dengan penggunaan obat-obatan gangguan tidur.

Memacu kreatifitas

Dapatkan tidur malam yang baik sebelum Anda keluar rumah untuk bekerja. Selain mengkonsolidasi dan memperkuat memori, otak juga akan menata dan merestrukturisasi memori, sehingga memberikan kita lebih banyak kreatifitas. Para peneliti di Harvard University dan Boston College menemukan bahwa selama tidur sepertinya memperkuat komponen emosional memori, yang bisa membantu memacu proses kreatif.

Menjadi Juara olahraga

Jika Anda seorang atlet, tidur mungkin adalah satu cara sederhana untuk meningkatkan kinerja Anda. Sebuah studi yang dilakukan Stanford University menemukan bahwa : Pemain sepak bola disebuah perguruan tinggi yang mencoba tidur setidaknya 10 jam setiap malam selama tujuh sampai delapan minggu,rata-rata meningkatkan waktu sprint, tidak terlalu merasa lelah disiang hari, dan lebih banyak memiliki stamina. Hasil penelitian ini mencerminkan temuan sebelumnya, yaitu terlihat pada pemain tenis dan atlit berenang.

Meningkatkan nilai akademis

Anak-anak yang berusia antara usia 10 dan 16 yang memiliki gangguan pernapasan tidur, diantaranya mendengkur, sleep apnea, dan jenis-jenis gangguan pernapasan saat tidur, lebih cenderung memiliki masalah dengan perhatian dan pembelajaran – menurut sebuah studi tahun 2010 pada Journal Sleep. Hal ini bisa mengakibatkan  “gangguan fungsional yang signifikan di sekolah,” menurut para penulis penelitian.
Dalam studi lain, mahasiswa yang tidak mendapatkan cukup waktu tidur memiliki nilai yang lebih buruk daripada mereka yang cukup tidur.
Bagi yang mencoba untuk memenuhi target waktu, biasanya akan mengorbankan tidur. Akan tetapi kurang tidur yang parah jelas mengganggu belajar.

Mencegah hiperaktif pada anak-anak

Kurangnya tidur dapat menyebabkan gejala ADHD pada anak-anak. Anak-anak tidak bereaksi sama seperti pada orang dewasa jika kurang tidur. Jika orang dewasa mengantuk, maka anak-anak cenderung menjadi hiperaktif jika kurang tidur
Sebuah studi 2009 di jurnal Pediatrics menemukan bahwa anak-anak berusia tujuh dan delapan tahun yang mendapatkan kurang dari delapan jam tidur malam, lebih cenderung menjadi hiperaktif, lalai, dan impulsif. Para peneliti mendiagnosa dan mengukur waktu tidur dengan mengukur perubahan listrik di otak. Jadi tidak mengherankan jika tidur mempengaruhi otak.

Memiliki berat badan yang sehat

Jika Anda berpikir tentang diet menurunkan berat badan, Anda mungkin juga perlu untuk merencanakan waktu tidur lebih awal.
Para peneliti di University of Chicago menemukan bahwa orang yang diet dengan waktu istirahat yang baik,  lebih banyak mengalami kehilangan lemak hingga 56% dari berat badan. Sebaliknya dengan mereka yang kurang tidur, yang justru kehilangan lebih banyak massa otot. Masih dalam penelitian ini juga, orang yang mendapat sedikit tidur merasa lebih lapar. Tidur dan metabolisme tubuh dikendalikan oleh sektor yang sama dari otak, sehingga ketika Anda mengantuk, hormon tertentu dalam tubuh akan naik dalam darah dan mendorong nafsu makan.

Lebih rendah stres

Dalam urusan kesehatan, stres dan tidur merupakan 2 hal yang hampir menyatu, dan keduanya bisa mempengaruhi kesehatan jantung.
Tidur pasti bisa mengurangi tingkat stres, dan dengan demikian orang lebih bisa mengontrol tekanan darah mereka menjadi lebih baik. Dipercaya juga bahwa tidur memiliki efek dengan tingkat kolesterol, yang berperan penting untuk penyakit jantung.,

Menghindari kecelakaan

The National Highway Traffic Safety Administration melaporkan pada hasil penelitian tahun 2009, bahwa kurang tidur menyumbang jumlah tertinggi kecelakaan mobil tunggal fatal faktor human error, bahkan lebih tinggi dari akibat pengaruh alko*ol. Mengantuk seringkali disepelekan oleh kebanyakan orang, walaupun akibatnya bisa sangat besar dimasyarakat. Kurang tidur bisa mempengaruhi waktu reaksi dan pengambilan keputusan.
Kurang tidur walaupun hanya satu malam bisa merusak kemampuan mengemudi Anda seperti halnya minuman beralk*hol.

Menjauhkan dari depresi

Tidur nyenyak tidak hanya sekedar untuk meningkatkan suasana hati dan meredam marah, tetapi juga sangat berarti bagi kesejahteraan kita secara keseluruhan.
- See more at: http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/10-manfaat-tidur-cukup-setiap-malam.html#sthash.XoMjpHHg.dpuf
  • Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu 7
7. Kebanyakan orang Indonesia ketika makan sering memakan makanan yang disukainya di makan paling akhir. ( haha ayo ngaku )

10 Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu
10 Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu
  • Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu 8
8. Burung merpati dapat mengenali atau tidak akan pernah lupa dengan wajah manusia.

10 Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu
10 Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu
Fakta dan keunikan dari burung yang dijadikan lambang kesetiaan:
  • Burung ini dapat melihat dan membedakan warna. Tak hanya itu merpati juga bisa melihat sinar ultraviolet atau bagian spektrum yang tidak terdeteksi oleh manusia.
  • Dengan kemampuan tersebut merpati sering dimanfaatkan dalam misi pencarian, karena indranya yang unik dan pandangan mata yang sangat tajam.
  • Merpati juga dinyatakan lulus tes cermin yaitu kemampuan untuk mengenali refreksi dirinya. Merpati tidak menganggap bayangannya sebagai individu lain.
  • Merpati dapat mengenal manusia sebagai teman, kemampuan burung merpati dalam mengenali manusia sebagai teman bisa dilakukan dengan mendeteksi setiap wajah yang mereka kenal. Burung merpati juga memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi manusia yang ingin memberi makan atau sekedar mengejar dan menangkapnya.
  • Entah sejak kapan dan siapa yang memulainya yang jelas manusia mengetahui dan banyak memanfaatkan merpati untuk menyampaikan pesan. Sebutan untuk merpati yang dipakai untuk menyampaikan pesan adalah merpati pos. Merpati jenis ini memiliki kemampuan khusus setelah dilatih untuk mengantarkan surat atau pesan, merpati ini merupakan salah satu jenis burung yang cukup pintar, memiliki daya ingat kuat, kemampuan nafigasi hingga bisa kembali kesarang meski sudah pergi dalam waktu yang cukup lama. Merpati pos memiliki ciri-ciri fisik agak besar, terbang lambat, dan stamina serta daya ingatnya sangat kuat. Perlu pelatihan untuk menciptakan merpati pos.
  • Pertama latihan transit yaitu merpati mempelajari bagaimana cara memahami perintah seseorang dalam suatu wilayah kecil, kemudian latihan mobile yaitu merpati dilatih untuk berpindah dari 1 tempat ke tempat lain. Terakhir bumerang yaitu merpati dilatih untuk mengirimkan dan mengembalikan pesan. Merpati pos yang terbang berpasangan dapat memilih rute yang lebih efisien jika dibandingkan terbang sendirian.
  • Orang-orang romawi juga menggunakan merpati pos untuk mengirim pesan. Julius Caesar menggunakan merpati pos sebagai pengirim pesan kemenangannya melawan Gallia. Merpati balap adalah hasil pembiakan dari burung merpati yang telah dibiakkan secara khusus agar mampu terbang lebih cepat serta memiliki insting kuat untuk pulang.
  • Kemampuan terbang merpati tercatat pada ketinggian 6.000 kaki atau lebih, dengan kecepatan rata-rata 77,6 km/jam (ada yang mencapai 92,5 km/jam).
  • Jarak tempuh dalam penerbangan rata-rata 600-700 mil/hari, dengan penerbangan terjauh tercatat selama 55 hari antara Afrika-Inggris yang berjarak 7000 km

  • Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu 9
9. Jam 08.38 pagi adalah waktu paling sering terjadi pejalan kaki ditabrak kendaraan.
[Survei perusahaan asuransi di Inggris]

10 Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu
10 Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu

  • Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu 10
10. Tahukah Anda, makan dan minum sambil berdiri akan menyebabkan kerusakan saluran
pencernaan dan ginjal.

10 Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu
10 Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu
Islam sangat mengatur aspek kehidupuan manusia, termasuk makan. Dalam Islam ada adab makan seperti: mencuci tangan sebelum makan, makan dengan tangan kanan, tidak makan sampai kekenyangan dan tidak makan sambil berdiri

''Adab makan dalam Islam ternyata memiliki  hikmah tersendiri,''kata Spesialis Saraf RS PKU Muhammadiyah Bantul dr Ana Budi Rahayu, SpS pada //Republika//, Rabu (25/9). 

Bila seseorang makan sambil berdiri, kata dia, akan terjadi reflux asam lambung, asam lambung akan naik ke esofagus dan membuat sel-sel kerongkongan teriritasi.

Hal ini dikarenakan pH asam lambung yang sangat asam (pHnya 1-2,5), Hal ini ditandai dengan gejala panas terbakar yang menyesak di dada (//heartburn//).

''Bila kita tetap bandel membiasakan makan minum sambil berdiri dalam jangka waktu panjang , iritasi sel-sel kerongkongan ini akan berakumulasi menyebabkan kanker saluran esofagus,''tuturnya.

Bahkan sebagaimana yang diriwayatkan dalam HR. Muslim disebutkan Nabi Muhammad Saw bersabda: "Jangan kalian minum sambil berdiri, Apabila kalian lupa, maka hendaknya dimuntahkan". 

Sehubungan dengan larangan minum tersebut, seorang sahabat, Qotadah bertanya,"Bagaimana dengan makan". Beliau (Nabi Muhammad Saw) bersabda, "Itu lebih buruk lagi". (HR. Muslim dan Turmidzi).

Karena itu cara mencegah reflux asam lambung ini dengan makan sambil duduk, kata Ana. Ada dua hal lain yang juga dapat menyebabkan reflux asam lambung dan //heartburn// yaitu: makan minum kekenyangan dan tidur atau berbaring segera setelah makan.

Ana menjelaskan lambung memang dapat mengembang enam kali lipat saat diisi sampai benar-benar penuh. Makin banyak makanan yang tertampung di lambung, lambung harus kerja ekstra keras mengeluarkan asam lambung lebih banyak.

Selanjutnya, dia menambahkan, bila lambung terlalu penuh, kelebihan asam lambung akan mengalir naik ke esofagus. ''Demikian juga bila kita tidur atau berbaring segera setelah makan,''jelasnya.

Kebiasaan berbaring atau tidur segera setelah makan ini sama bahayanya dengan makan minum sambil berdiri yakni iritasi sel kerongkongan yang mengundang kanker esofahus dalam jangka panjang.
neni ridarineni 

Sahabat Lintank Itulah 10 Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu . semoga bermanfaat dan terus gali ilmu :)

tag : 10 Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu, 10 Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu, 10 Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu, 10 Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu, 10 Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu, 10 Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu, 10 Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "10 Fakta Unik Yang Akan Menambah Wawasanmu"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA