Jangan BerSedih dengan apa Yang ada di dunia ini

Jangan BerSedih dengan apa Yang ada di dunia ini -Kesedihan adalah suatu emosi yang ditandai oleh perasaan tidak beruntung, kehilangan, dan ketidakberdayaan. Saat sedih, manusia sering menjadi lebih diam, kurang bersemangat, dan menarik diri. Kesedihan dapat juga dipandang sebagai penurunan suasana hati sementara, sementara depresi sering dicirikan dengan penurunan suasana hati yang persisten dan besar yang kadang disertai dengan gangguan terhadap kemampuan seseorang untuk melakukan kegiatan hariannya.
Kesedihan adalah lawan dari kebahagiaan atau kegembiraan dan serupa dengan dukacita atau kesengsaraan.

Jangan BerSedih dengan apa Yang ada di dunia ini
Jangan BerSedih dengan apa Yang ada di dunia ini
Jangan Bersedih, karena anda telah melalui kesedihan itu kemarin dan ia tidak memberi manfaat apapun. Ketika anak anda gagal dalam ujian dan anda bersedih karenanya, apakah kemudian anak anda lulus karena kesedihan itu? Saat Bapak anda meninggal dan anda bersedih, apakah ia akan hidup kembali ? Manakala anda merugi dalam suatu bisnis dan kemudian anda bersedih, apakah kemudian kerugian itu berubah menjadi keuntungan ?

Jangan bersedih, sebab bila anda bersedih gara-gara satu musibah, maka musibah yang satu itu akan menjadi berlipat ganda. Ketika anda bersedih karena kemiskinan atau kesengsaraan yang anda alami, bukankah kesedihan itu hanya menambah kesusahan anda saja ? saat anda bersedih karena cercaan musuh-musuh anda, pastilah kesedihan itu hanya akan menguntungkan dan menambah semangat mereka untuk menyerang anda. Ketika anda mencemaskan terjadinya sesuatu yang tidak anda sukai, ia akan mudah terjadi pada anda.

Jangan bersedih, karena kesedihan itu akan membuat rumah yang luas, isteri yang cantik, harta yang melimpah, kedudukan yang tinggi, dan anak-anak yang cerdas tidak ada gunanya sedikit pun.

Jangan bersedih, sebab kesedihan hanya akan membuat air yang segar terasa pahit, dan sekuntum mawar yang indah tampak seperti sebongkok labu, taman yang rimbun tampak seperti gurun pasir yang gersang, dan kehidupan dunia menjadi penjara yang pengap.

Jangan bersedih, karena anda masih memiliki dua mata, dua telinga, dua bibir, dua tangan, dan dua kaki, lidah dan hati. Anda masih memiliki kedamaian, keamanan dan kesehatan.

( Maka nikmat rabb kamu yang mana yang kamu dustakan ? )

Jangan bersedih, karena anda masih memiliki agama yang anda yakini, rumah yang anda diami, nasi yang anda makan, air yang anda minum, pakaian yang anda pakai, dan isteri tempat anda berbagi rasa. Mengapa harus bersedih ?

Jangan bersedih karena hidup miskin, karena masih banyak orang di sekitar anda yang hidup dililit hutang! Jangan bersedih karena tak punya mobil, sebab masih banyak orang disekitar anda yang kakinya buntung, jangan bersedih karena suatu penyakit, karena masih banyak orang selain anda yang mungkin bertahun-tahun tergolek lemas diatas ranjang. Jangan bersedih karena kehilangan seorang anak, sebab anda bukan satu-satunya orang yang kehilangan anaknya.

Jangan bersedih, bila anda memang seorang muslim yang beriman kepada Allah, para Rasul-Nya, Malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya, hari kiamat dan qadha' serta qhadar yang baik dan yang buruk ! Karena, masih banyak orang kafir yang mengingkari Allah, mendustakan rasul-rasul-Nya, memutar balikkan makna Al-Qur'an, dan tak memercai Hari kiamat, serta ingkar terhadap qadha dan qadharnya.

Jangan bersedih ! Kalau memang anda tak sengaja telah berbuat dosa, cepatlah bertobat; kalau kalau anda melakukan kejahatan, mintalah ampunan-Nya; dan kalau anda telah melakukan satu kesalahan, perbaikilah kesalahan itu. Bagaimanapun, rahmat dan kasih sayang Allah itu tak terhingga luasnya, pintu ampunan-Nya selalu terbuka dan ampunan-Nya senantiasa melimpah ruah.

Jangan bersedih, karena kesedihan hanya akan menyebabkan syaraf cepar letih, jiwa mudah tergoncang, hati menjadi lemah, dan pikiran tak tearah.

Seorang penyair berkata,

Mungkin saja seseorang merasa terhimpit cobaan, 
karena tak sadar jalan keluar ada di tangan Sang Pencipta
kalau kesesakan semakin berat terasa, dan semua lingkaran
terbuka, ia akan melihat apa yang tak pernah terbayang olehnya. 

Sumber : BUKU LA TAHZAN 
JIKA KAMU INGIN MENDAPATKAN TULISAN SELENGKAPNYA SILAHKAN MEMBELI BUKUNYA DI GRAMEDIA :)

Jangan bersedih dengan apa yang ada di dunia ini, karena bersedih mempunyai dampak negatif :

 
DAMPAK NEGATIF KESEDIHAN TERHADAP KESEHATAN FISIK

Jika saya mengatakan bahwa kesedihan dan kekhawatiran Anda yang diambang batas 'terlalu' dapat memicu timbulnya masalah baru berupa penyakit fisik seperti maag (Asam lambung), diabetes melitus, radang usus dan gigi, gangguan jantung dan peredaran darah bahkan ancaman resiko kanker.. mungkin Anda takkan percaya dan menganggap saya sotoy.
Hal yang wajar, mengingat saya bukanlah dokter atau ahli therapis.

Namun bagi Anda yang tengah mengalami kesedihan berlarut-larut apalagi yang sampai pada tahap depresi, Anda bisa melihat dan membandingkan kondisi kesehatan fisik Anda sebelum dan sesudah bersedih.

Kita semua juga bisa memperhatikan orang-orang di sekitar kita atau juga keluarga kita yang memiliki kebiasaan tidak dapat mengendalikan emosi, kesedihan dan kekhawatiran yang berlebihan.

Sebagai bahan rujukan yang mungkin membuat Anda lebih percaya akan dampak negatif dari kesedihan, berikut ini saya sertakan sebuah artikel dari sumber lain :

JANGAN REMEHKAN SUASANA HATI ANDA

Jangan pernah meremehkan suasana hati anda sebab kalau hati sedang dalam kondisi buruk, bisa merusak kesehatan bahkan bisa berakibat pada kematian.

Berdasarkan penelitian dari Dr. Ghanshyam Pandey dari University of Illinois, Chichago, belum lama ini kasus memburuknya kesehatan & mempercepat kematian ditengah masyarakat karena dipicu oleh suasana hati yang buruk.
Kondisi memburuknya suasana hati disebabkan banyak faktor, diantaranya putus asa, patah semangat secara sekilas tidak berbahaya namun bisa berakibat fatal. Gangguan umum yang berkaitan dengan suasana hati yang memburuk dalam beberapa bentuk seperti gangguan tidur, gangguan pada kulit, gangguan pada perut, tekanan darah, pilek, migran, sakit kepala yang disertai dengan mual dan gangguan penglihatan, sejumlah penyakit tulang, ketidakseimbangan ginjal, kesulitan bernapas, alergi, serangan jantung dan pembengkakan otak, tentu saja tidak semua jenis penyakit itu berkaitan dengan suasana hati namun secara alamiah telah dibuktikan bahwa penyebab gangguan kesehatan semacam itu lebih disebabkan faktor kejiwaan.

Putus asa, kekecewaan, depresi dan berbagai jenis penyakit yang menimpa banyak orang adalah suasana hati yang selalu diliputi oleh kekhawatiran akibat perasaan seperti cemas, takut, merasa tidak aman, ledakan emosional yang berlebihan dan berbagai tekanan yang merusak keseimbangan tubuh. Ketika seseorang mendapatkan tekanan atau beban diluar batas kesanggupan dirinya, tubuhnya bereaksi dan membangkitkan bunyi sirine sebagai tanda bahaya sehingga memicu reaksi biokimia di dalam tubuh, kadar andrenalin meningkat, reaksi tubuh meninggi, gula, kolesterol dan asam lemak bergerak ke dalam aliran darah, tekanan darah menjadi meningkat dan denyut jantung berdetak kencang.

Glukosa berjalan menuju otak, kadar kolesterol naik, dan semua ini membuat tubuh memburuk.
Oleh karena itu janganlah meremehkan suasana hati anda karena suasana hati yang memburuk mengubah fungsi-fungsi normal di dalam tubuh. Hal itu bisa berakibat fatal pada kesehatan tubuh anda.

Dampak negatifnya meningkatnya andrenalin dan kolesterol diatas ambang batas normal dalam rentang waktu yang cukup lama seperti diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kanker, luka pada dinding pencernaan, penyakit pernapasan, eksim, psoriasis bahkan berdampak terbunuhnya sel-sel otak.
Semua perubahan yang terjadi pada tubuh dari keadaan yang semula sehat ke kondisi sakit disebut sebagai penyimpangan citra tubuh atau ‘Distortion of body image’ adalah dampak dari suasana hati yang memburuk yang menyerang kondisi kesehatan tubuh.

Maka disinilah pentingnya arti ketenteraman hati bukan hanya membuat nyaman namun juga membuat tubuh anda menjadi sehat. Ketenteraman hati anda hanya bisa anda dapatkan dengan mendekatkan diri kepada Allah, semakin dekat anda kepada Allah dengan selalu mengingatNya maka semakin mudah hati anda menjadi tenteram.

‘Yaitu orang- orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allahlah hati menjadi tenteram.’ (QS. Ar-Raad 28).

Hilangan kesedihan, mari jalani hidup dengan bahagia. Jangan BerSedih dengan apa Yang ada di dunia ini ^_^

Tag :Jangan BerSedih dengan apa Yang ada di dunia ini, Jangan BerSedih dengan apa Yang ada di dunia ini,Jangan BerSedih dengan apa Yang ada di dunia ini, Jangan BerSedih dengan apa Yang ada di dunia ini, Jangan BerSedih dengan apa Yang ada di dunia ini, Jangan BerSedih dengan apa Yang ada di dunia ini, Jangan BerSedih dengan apa Yang ada di dunia ini, Jangan BerSedih dengan apa Yang ada di dunia ini,, Jangan BerSedih dengan apa Yang ada di dunia ini

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya: