Fakta-fakta buah cempedak

Fakta-fakta buah cempedak - Hai sahabat Blogger jemo lintank, tahu buah cempedak kan ? Cempedak adalah tanaman buah-buahan dari famili Moraceae. Bentuk buah, rasa dan keharumannya seperti nangka, meski aromanya kerap kali menusuk kuat mirip buah durian.

Jangan Lupa baca juga : Manfaat Makanan Pahit

Tanaman cempedak ini berasal dari Asia Tenggara, dan menyebar luas mulai dari wilayah Tenasserim di Burma, Semenanjung Malaya termasuk Thailand, dan sebagian Kepulauan Nusantara: Sumatra, Borneo, Sulawesi, Maluku hingga ke Papua. Juga banyak didapati di Jawa bagian barat.

Dikenal secara luas sebagai cempedak atau campedak, buah ini juga memiliki beberapa nama lokal seperti bangkong (cempedak hutan, bentuk liar di Malaysia), baroh (Kep. Lingga dan Johor), nangka beurit (Sunda), nongko cino (Jawa), cubadak hutan (Minangkabau) tiwadak (Banjar) dan lain-lain.

Fakta-fakta buah cempedak - kali ini Blogger jemo lintank akan membahas tentang fakta-fakta buah cempedak, yuk langsung disimak :

Fakta-fakta buah cempedak
Fakta-fakta buah cempedak




 
FAKTA-FAKTA BUAH CEMPEDAK

Fakta-fakta buah cempedak Yang pertama : Daging buah Cempedak biasanya dimakan dalam keadaan segar. Namun, ada pula yang menggorengnya seperti pisang atau mengolahnya menjadi kolak dengan menambahkan santan dan gula. Buah ini enak bila sudah matang. 

Fakta-fakta buah cempedak Yang Kedua - Daun muda cempedak juga banyak digunakan sebagai sayuran. Biji buahnya enak disantap setelah diolah, digoreng, atau direbus seperti biji nangka. Di Malaysia, akarnya digunakan sebagai campuran jamu tradisional untuk perempuan yang baru melahirkan. 

Fakta-fakta buah cempedak Yang Ketiga - Cempedak membantu menyehatkan mata, mengingat kandungan vitamin A-nya cukup tinggi, yaitu sekitar 200 SI per 100 gram. Vitamin A berperan dalam menjaga agar kornea mata agar selalu sehat. 

Fakta-fakta buah cempedak Yang Keempat : Faktanya buah Cempedak Mengandung vitamin C yang lebih tinggi daripada nangka, dan mengandung serat pangan (dietry fiber) yang cukup tinggi untuk membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan menekan angka kolesterol dalam darah.

Fakta-fakta buah cempedak Yang Kelima : Faktanya Kulit batang cempedak ternyata juga mengandung komponen yang dapat membantu mencegah tumor dan malaria. Dan senyawa utama heteriflavon C yang dapat menghilangkan parasit penyebab malaria hingga 100 persen. 

Fakta-fakta buah cempedak Yang Keenam - Kulit cempedak juga sering dikonsumsi oleh masyarakat Banjar, Kalimantan Selatan, yang dikenal dengan nama mandai. Sebelum diolah, masyarakat setempat mengupas bagian luar kulit sehingga tampak putih, kemudian membersihkannya. Setelah itu kulit direndam lebih dulu di dalam air garam selama 2-3 hari, hingga menjadi lunak dan mengalami fermentasi, baru kemudian digoreng. Mandai goreng ini menyerupai pisang goreng, meski ketika digigit rasanya seperti menggigit guratan daging, sehingga menciptakan cita rasa gurih yang khas.

Selain fakta-fakta diatas, cempedak juga mempunyai fakta-fakta lainnya yaitu mengandung :
  1. Zat dalam per 100 gram

  2. Energy atau tenaga=117.0 (sangat tinggi, bahaya untuk pengidap kencing manis),

  3. Moisture= 66.7 g ,

  4. Protein= 2.5 g, lemak =0.4 g,

  5. Karbohidrat= 25.8 g,

  6. Fiber= 3.4 g,

  7. Ash =1.2 g,

  8. kalsium =40.0 mg,

  9. Phosphorous= 5.0 mg,

  10. besi =1.1 mg , Sodium =25.0 mg

  11. Potassium= 246.0 mg,

  12. Carotene= 80 ug,

  13. Vitamin B1 =0.16 mg,

  14. Vitamin B2 =0.15 mg

  15. Niacin =0.5 mg

  16. Ascorbic Acid atau(Vitamin C) = 17.7 mg
Secara alami, cempedak liar banyak dijumpai di hutan hujan dataran rendah, baik hutan primer maupun sekunder. Tumbuh hingga ketinggian sekitar 1000 m dpl, pohon buah ini menyukai daerah-daerah dengan musim kering yang tidak tegas, lahan dengan permukaan air tanah yang dangkal, dan bahkan tahan sesekali tergenang banjir.

Cempedak biasa ditanam di pekarangan, kebun campuran, sampai ke wanatani kompleks, yang tidak jarang meliar menjadi hutan sekunder. Cempedak juga dapat bersilangan secara alami dengan nangka.

Itulah Fakta-fakta buah cempedak. Semoga artikel Fakta-fakta buah cempedak diatas dapat menambah pengetahuan anda.

Tag : Fakta-fakta buah cempedak, Fakta-fakta buah cempedak Fakta-fakta buah cempedak Fakta-fakta buah cempedak, Fakta-fakta buah cempedak Fakta-fakta buah cempedak Fakta-fakta buah cempedak Fakta-fakta buah cempedak Fakta-fakta buah cempedak

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Fakta-fakta buah cempedak"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA