loading...

Pengertian Penyimpangan Sosial

Pengertian Penyimpangan Sosial - Selamat siang Sahabat Blogger Jemo Lintank Kali ini kita membahas tentang Pengertian penyimpangan Sosial. 



Setiap hari media massa menyajikan berbagai macam berita. Berita tersebut antara lain, tentang berbagai macam aktivitas manusia yang oleh masyarakat dianggap sebagai penyimpangan terhadap nilai-nilai dan norma-norma sosial yang berlaku, seperti pencurian, perampokan, penganiayaan, pembunuhan dan pemerkosaan. Berita ini muncul hamper setiap hari sehingga mendatangkan kegelisahan pada individu-individu atau kelompok-kelompok tertentu dalam masyarakat. Kaum wanita khawatir peristiwa pencopetan dan pemerkosaan akan terjadi pada dirinya. Kelompok orang tua khawatir anaknya menjadi korban atau menjadi pelaku penyimpangan sosial.

James E. Van der Zanden mendefinisikan penyimpangan sebagai perilaku yang oleh sejumlah besar orang dianggap sebagai hal yang tercela dan di luar batas toleransi. Walaupun masyarakat berusaha agar setiap anggotanya berperilaku sesuai harapan masyarakat, tetapi dalam setiap masyarakat selalu dijumpai adanya anggota yang menyimpang. Misalnya, siswa SMU yang pada jam sekolah tidak berada di kelas mengikuti pelajaran, tetapi malah lainnya, para pelajar yang diharapkan saling bersahabat karena memiliki kewajiban dan kondisi yang kurang lebih sama, ternyata melakukan perkelahian antara sesamanya. Perilaku menyimpang dapat diartikan sebagai setiap perilaku yang tidak berhasil menyesuaikan diri dengan kehendak-kehendak masyarakat atau kelompok tertentu dalam masyarakat. Dengan kata lain, perilaku yang menyimpang adalah perbuatan yang mengabaikan norma, yang terjadi apabila seseorang atau kelompok orang tidak mematuhi patokan-patokan yang berlaku di dalam masyarakat.

Nilai-nilai dan norma-norma di dalam masyrakat merupakan ukuran bagi menyimpang atau tidaknya suatu tindakan. Artinya, suatu tindakan yang pantas dan dapat diterima dalam situasi dan daerah tertentu, bisa saja tidak patut diterapkan dalam suasana dan daerah lain.

Misalnya, menggunakan pakaian minim ketika berenang di kolam merupakan perbuatan pantas dan dapat diterima, tetapi kalau pakaian minim tersebut dikenakan untuk datang kesekolah akan dianggap tidak patut dan akan mendapatkan sanksi.

Berciuman denga pacar di tempat umum. Bila dilakukan di Negara-negara barat merupakan perbuatan yang bisa diterima. Akan tetapi, di Indonesia, apalagi di daerah-daerah tertentu akan dianggap sebagai pelanggaran terhadap norma-norma kesusialaan.

Perhatikan lingkungan anda masng-masing, carilah contoh-contoh lain yang termasuk perilaku menyimpang. Kemukakan pula norma sosial apa yang dilanggar oleh perilaku menyimpang itu.
Robert M.Z Lawang mendefinisikan perilaku menyimpang sebagai semua tindakan yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku dalam suatu system sosial, dan menimbulkan usaha dari merekea yang berwenang dalam system itu untuk memperbaiki perilaku yang menyimpang.

Menurut jenisnya terdapat dua kategori perilaku menyimpang, yaitu penyimpangan primer dan penyimpangan sekunder. Penyimpangan primer yaitu perilaku menyimpang yang pertama kali dilakukan seseorang. Penyimpangan sekunder yaitu perilaku menyimpang yang merupakan pengulangan dari penyimpangan sebelumnya.

Tag : Pengertian Penyimpangan Sosial, Pengertian Penyimpangan Sosial,Pengertian Penyimpangan Sosial, Pengertian Penyimpangan Sosial, Pengertian Penyimpangan Sosial, Pengertian Penyimpangan Sosial, Pengertian Penyimpangan Sosial, Pengertian Penyimpangan Sosial, Pengertian Penyimpangan Sosial, Pengertian Penyimpangan Sosial, Pengertian Penyimpangan Sosial, Pengertian Penyimpangan Sosial, Pengertian Penyimpangan Sosial Pengertian Penyimpangan Sosial

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Pengertian Penyimpangan Sosial"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA