Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara

Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara - Hai sahabat blogger jemo Lintank, di malam 17 agustus kali ini admin akan membahas tentang Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara. Mau tahu Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara? Langsung dibaca yuk.

Dasar Negara menjiwai atau mendasari konstitusi yang berlaku pada Negara yang bersangkutan. Dasar Negara memberikan pedoman atau landasan nilai-nilai dalam penyelenggaraan Negara. 

Nilai-nilai yang terkandung dalam dasar Negara bersumber dari tata kehidupan masyarakat Negara dan budayannya. Agar dapat dipakai dan dilaksanakan dalam penyelenggaraan Negara maka diwujudkan dalam UUD Negara. Apa sebenarnya dasar Negara itu? Artikel kali ini akan membahas semua tentang pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara.

- Pengertian dasar Negara

Pada hakikatnya, dasar Negara merupakan filsafat Negara (polliticak philosophy) yang berkedudukan sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sumber dari tata tertib hukum dalam Negara. Untuk memahami pengertian filsafat Negara, terlebih dahulu perlu dibahas tentang filsafat. Secara etimologis, filsafat berasal dari kata philos yang berarti sahabat, cinta dan Sophia yang berarti kebijaksanaan, kebenaran, belajar. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, filsafat adalah pengetahuan dan penyelidikan, dengan akal budi mengenai hakikat segala yang ada, sebab, asal dan hukumnya. Political philosophy merupakan sikap hidup, pandangan hidup, atau sesuatu yang tidak dapat dibuktikan kebenaran dan kesalahannya.

- Fungsi dasar Negara
Pada umumnya, dasar Negara dipergunakan oleh bangsa atau Negara pendukungnya dan memiliki fungsi sebagai berikut:

a. Dasar berdiri dan tegaknya Negara
Pemikiran yang mendalam tentang dasar Negara lazim muncul ketika suatu bangsa hendak mendirikan Negara. Oleh karena itu, dasar Negara berfungsi sebagai dasar berdirinya suatu Negara. Sesudah Negara berdiri, dasar Negara dapat menjadi landasan bagi pengelolaan Negara yang bersangkutan.

b. Dasar kegiatan penyelenggaraan Negara
Negara didirikan untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional suatu bangsa di bawah pimpinan para penyelenggara Negara. Agar para penyelenggara Negara benar-benar dapat mewujudkan tujuan nasional, mereka harus mendasarkan semua kegiatan pemerintahan pada dasar Negara.

c. Dasar partisipasi warga Negara
Semua warga Negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama untuk mempertahankan Negara dan berpartisipasi dalam upaya bersama mencapai tujuan bangsa. Dalam menggunakan hak dan menunaikan kewajiban itu, seluruh warga Negara harus berpedoman kepada dasar Negara.

d. Dasar pergaulan antarwarga Negara
Dasar Negara tidak hanya menjadi dasar perhubungan antara warga Negara dan Negara, melainkan juga dasar bagi hubungan  antarwarga Negara.

e. Dasar dan sumber hukum nasional
Seluruh aktivitas penyelenggaraan Negara dan warga negala dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara harus didasarkan pada hukum yang berlaku. Oleh karena itu, semua peraturan perundang-undangan yang dibentuk untuk penyelenggaraan Negara harus berdasarkan pada dasar Negara.

Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara
Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara

Tag: Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara, Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara, Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara, Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara, Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara, Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara,, Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara, Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara, Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara, Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA