Pengertian Pengikisan dan macam-macam pengikisan

Pengertian Pengikisan dan macam-macam pengikisan - Hai sahabat Blogger jemo lintank, ketemu lagi dengan saya Indra saputra. Bagaimana, sudah siap belajar lagi? Setelah kemarin kita membahas PELAPUKAN DAN PROSES TERJADINYA PELAPUKAN Hari ini kita membahas tentang Pengertian Pengikisan dan macam-macam pengikisan. Silahkan dibaca.

Pengertian Pengikisan dan macam-macam pengikisan
Pengertian Pengikisan dan macam-macam pengikisan


Pengikisan atau erosi adalah suatu proses pelepasan dan pemindahan massa batuan (termasuk tanah) secara alamiah dari suatu tempat ke tempat lain oleh zat pengangkut (air, udara, gletser, dan air laut) di permukaan bumi.

1. Pengikisan oleh air (Ablasi)

Ablasi adalah erosi yang disebabpkan oleh air yang mengalir. Air yang mengalir menimbulkan banyak gesekan pada tanah dipengaruhi oleh besarnya air yang mengalir. Gesekan akan semakin besar jika kecepatan dan jumlah air semakin  besar. Kecepatan air juga akan semakin besar jika gradien (kemiringan) lahan juga besar. Gesekan antara air dan benda-benda padat yang terangkut oleh air dengan tanah atau batuan di dasar sungai dapat menyebabkan terjadinya pengikisan. Pengikisan oleh air sungai yang terjadi secara terus-menerus dapat mengakibatkan sungai berbentuk V, jurang atau ngarai, aliran deras, dan air terjun.

Erosi yang disebabkan oleh air yang mengalir dibagi dalam beberapa tingkatan, sesuai dengan tingkatan kerusakannya.

a. Erosi percik (splash erosion), yaitu proses pengikisan yang terjadi oleh percikan air. Percikan tersebut berupa partikel tanah dalam jumlah yang kecil dan diendapkan di tempat lain.
b. Erosi lembar (Sheet erosion), yaiutu proses pengikisan tanah yang tebalnya sama atau merata dalam suatu permukaan tanah.
c. Erosi alur (rill erosion), yaitu erosi yang terjadi karena air yang mengalir berkumpul dalam suatu cekungan sehingga di cekungan tersebut terjadi tanah yang lebih besar. Alur-alur akibat erosi dapat dihilangkan dengan cara pengolahan tanah biasa.
d. Erosi parit (gully erosion), yaitu erosi yang terjadi seperti erosi alur, tetapi saluran yang terbentuk delah dalam sehingga tidak dapat dihilangkan dengan pengolahan tanah secara biasa.

2. Pengikisan oleh air laut (abrasi)

Abrasi adalah erosi yang disebabkan oleh air laut sebagai hasil dari erosi marine. Tinggi rendahnya erosi akibat air laut dipengaruhi oleh besar kecilnya kekuatan gelombang. Erosi oleh air laut merupakan pengikisan di pantai oleh pukulan gelombang laut yang terjadi secara terus-menerus terhadap dinding pantai. Hasil bentukan proses abrasi sebagai berikut:

a. Cliff, yaitu pantai yang berdinding curam dan terjal
b. Relung, yaitu cekungan-cekungan yang terdapat di dinding cliff.
c. dataran abrasi, yaitu hamparan wilayah pendataran akibar abrasi.
d. Pantai fyord adalah pantai berleka-lekuk jauh menjorok ke arah dataran.
e. Pantai Skeren adalah pantai seperti fyord, tetapi lekukan tidak terlalu dalam.

3. Pengikisan oleh angin (Deflasi)

Deflasi adalah erosi yang disebabkan oleh tenaga angin. Proses ini banyak dijumpai di daerah gurun yang terdapat tiupan angin kencang disertai pasir dan kerikuil melalui bongkahan-bongkah batuan. Hasil dari pengikisan ini adalah batua jamur (mushroom rock).

4. Pengikisan oleh gletser (eksarasi)
Eksarasi adalah erosi yang disebabkan oleh Gletser atau es. Eksarasi hanya terjadi pada daerah yang mempunyai musim salju atau di daerah pegunungan tinggi.

Itulah Artikel Pengertian Pengikisan dan macam-macam pengikisan. Semoga bermanfaat.


Jangan Lupa Download Novel ADMIN.. GRATIS KOK :) SILAHKAN 

Tag: Pengertian Pengikisan dan macam-macam pengikisan, Pengertian Pengikisan dan macam-macam pengikisan, Pengertian Pengikisan dan macam-macam pengikisan, Pengertian Pengikisan dan macam-macam pengikisan, Pengertian Pengikisan dan macam-macam pengikisan Pengertian Pengikisan dan macam-macam pengikisan, Pengertian Pengikisan dan macam-macam pengikisan, Pengertian Pengikisan dan macam-macam pengikisan, Pengertian Pengikisan dan macam-macam pengikisan

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

1 Response to "Pengertian Pengikisan dan macam-macam pengikisan"

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA