loading...

Fakta Jahe untuk kesehatan

Fakta Jahe untuk kesehatan - Menurut Wikipedia Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron.
Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani zingiberi, dari Bahasa Sanskerta, singaberi.
Jahe diperkirakan berasal dari India. Namun ada pula yang mempercayai jahe berasal dari Republik Rakyat Tiongkok Selatan. Dari India, jahe dibawa sebagai rempah perdagangan hingga Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang, hingga Timur Tengah. Kemudian pada zaman kolonialisme, jahe yang bisa memberikan rasa hangat dan pedas pada makanan segera menjadi komoditas yang populer di Eropa.

Berikut Fakta-Fakta Jahe untuk kesehatan.

1. Jahe dapat melancarkan peredaran darah
Fakta jahe untuk kesehatan yang pertama adalah jahe dapat melancarkan peredaran darah. Gingerol yang terdapat pada jahe bersifat antikoagulan yang akan mencegah terjadinya penggumpalan darah. Dengan mencegah tersumbatnya pembuluh darah yang merupakan penyebab utama penyakit stroke dan juga serangan jantung.

2. Jahe dapat mengatasi Perut kembung

Fakta jahe yang kedua, jahe dapat mengatasi perut kembung. Ekstrak jahe bermanfaat bagi yang sering mengalami perut kembung dan nyeri. Jahe dapat dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pada pencernaan dan iritasi usus.

3. Jahe dapat mengobati Migrain

Fakta Jahe yang ketiga, Jahe dapat mengobati migrain. Pada sebuah studi menunjukkan jahe dapat menghentikan prostaglandin, yang dimana prostaglandin merupakan salah satu faktor penyebab sakit kepala. Dengan demikian, jahe dapat untuk mengurangi migrain atau sakit kepala sebelah.

4.  Demam dan batuk
Fakta lainnya, jahe dapat mengatasi demam dan batuk. Gingerol pada jahe yang sebelumnya sudah dijelaskan dapat melancarkan peredarah darah, kandungan gingerol juga dapat digunakan untuk mengurangi demam dan batuk. Mengkonsumsi jahe berarti menekan timbulnya efek samping seperti yang terkandung dalam kandungan obat-obatan kimia.

5. Mencegah perut buncit
Fakta Jahe berikutnya dapat mencegah perut buncit. Dengan mengkonsumsi jahe secara rutin dan sebelum makan dapat mencegah terjadinya perut buncit. Karena jahe bermanfaat untuk melancarkan metabolisme dan pencernaan. Dengan adanya sebuah peningkatan metabolisme tersebut yang berdampak akan mempercepat pembakaran kalori dan meratakan perut buncit.

5.  Menurunkan tekanan darah
Jahe dapat untuk merangsang pelepasan hormon adrenalin dan juga dapat memperlebar pembuluh darah, yang dapat mengakibatkan darah mengalir menjadi lebih lancar dan lebih cepat serta dapat meringankan kerja jantung dalam memompa darah.

Dan fakta jahe untuk kesehatan lainnya adalah :

6. Jahe dapat Menurunkan berat badan
7. Jahe dapat Mengobati sakit gigi
8. Jahe dapat Mencegah siklus menstruasi yang tidak teratur
9. Jahe dapat Membuat tubuh perkasa
10. Faktanya jahe juga dapat dijadikan sebagai Sebagai obat jerawat
Pada sebuah penelitian yang sebelumnya suda dilakukan di Universitas Maryland Medical Center, untuk membantu dalam mencegah timbulnya jerawat pada kulit wajah dianjurkan untuk mengkonsumsi jahe maksimal 4 gr/hari. Karena apabila terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi jahe dapat mengakibatkan efek samping seperti mules, iritasi, dan diare.
11.  Jahe dapat dijadikan sebagai Obat mabuk perjalanan
12. Jahe Bersifat anti alergi
13. Jahe dapat Mengobati morning sickness
14, Jahe dapat Mengangkal radikal bebas
15. Jahe dapat mengatasi Peradangan
16. Jahe dapat Membersihkan kotoran dalam tubuh
17. Jahe dapat  Memerangi sel kanker
18. Jahe Menurunkan kolesterol
19. Jahe dapat Mengobati luka gigitan ular
Cara menggunakan jahe untuk mengobati luka gigitan ular dengan menumbuk rimpang dan diberi sedikit garam, lalu tempelkan pada luka bekas gigitan ular beracun dan ini hanya digunakan sebagai pertolongan pertama, untuk penanganan lebih lanjut penderita dibawa ke rumah sakit.
20. Jahe dapat Meredakan rasa sakit
Pereda rasa sakit alami dan juga dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala. Cara menggunakan dengan minum wedang jahe 3 kali sehari atau bisa juga dengan minum wedang ronde, mengulum permen jahe, dan menambahkan jahe pada makanan seperti : soto, semur, atau pun rendang.
21. Jahe dapat menjadi pereda ereda nyeri dan sendi kaku

Nah. Biar bisa langsung bikin minumannya. Berikut ada resep cara membuat weddang jahe, yang dilansir dari resepnasional.com

Fakta Jahe untuk kesehatan
Fakta Jahe untuk kesehatan. Courtesy Foto : Resep Nasional.com


Bahan :
  • 350 ml air bersih
  • 3 sendok teh bubuk kopi pahit
  • 1 ruas jahe bakar ( kupas kulitnya kemudian memarkan )
  • 70 gr gula merah
  • 1 sendok teh gula pasir
  • susu kental manis putih secukupnya
  1. siapkan satu gelas untuk menyajikan
  2. rebus air dengan jahe sampai mendidih sambil diaduk-aduk
  3. masukkan gula merah, gula pasir dan kopi pahit kedalam rebusan jahe, aduk rata sampai gula larut
  4. tuang kedalam gelas saji yang sudah disiapkan sambil disaring supaya tidak terbawa ampasnya
  5. tuang susu kental manis secukupnya ( sesuai selera ) kedalam wedang kopi jahe, aduk sampai tercampur rata
  6. wedang kopi jahe siap disajikan

Itulah Fakta-Fakta Jahe untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Tag : Fakta Jahe untuk kesehatan, Fakta Jahe untuk kesehatan, Fakta Jahe untuk kesehatan, Fakta Jahe untuk kesehatan, Fakta Jahe untuk kesehatan, Fakta Jahe untuk kesehatan, Fakta Jahe untuk kesehatan, Fakta Jahe untuk kesehatan,Fakta Jahe untuk kesehatan, Fakta Jahe untuk kesehatan, Fakta Jahe untuk kesehatan

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

1 Response to "Fakta Jahe untuk kesehatan"

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA