Konsumsi Serat bikin Usus sehat dan terhindar dari Kanker

Konsumsi Serat bikin Usus sehat dan terhindar dari Kanker - Tahu kah kamu, salah satu Penyebab kanker Usus adalah karena Kekurangan Serat.
Konsumsi Serat bikin Usus sehat dan terhindar dari Kanker
Konsumsi Serat bikin Usus sehat dan terhindar dari Kanker Courtesy Foto: Repblubika.com


Kanker usus merupakan suatu penyakit yang kasusnya cukup tinggi di dunia. Kanker usus merupakan penyakit yang berawal dari tumbuhnya tumor ganas yang menyerang organ pencernaan, terutama usus besar manusia.


Selain itu, kanker usus juga bisa disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak normal di usus kecil dan anus. Kanker usus biasanya di diagnosis dengan metode kolonoskopi.



Menurut ahli bedah perut RS Siloam Kebon Jeruk, dr Errawan R. Wiradisuria, SpB(K)BD, siapapun bisa saja terkena kanker usus. Namun, kebanyakan kasus terjadi pada orang berusia diatas 40-70 tahun, baik pria maupun wanita walaupun jika dilihat dari statistik pria sedikit lebih rentan terkena kanker usus dibandingkan wanita (belum ada penelitian lebih lanjut).



"Kanker usus kebanyakan terjadi di area rektum atau bagian usus besar paling bawah, yang seringkali orang mengira ini merupakan penyakit hemoloid atau ambeien. Pada stadium yang lebih lanjut, jika dibiarkan tumor tersebut akan semakin membesar dan mengakibatkan sering buang air besar berdarah, sulit buang air besar, sering mencret, tidak bisa buang angin dan mengakibatkan perut menjadi kembung," kata Errawan, dalam diskusi mengenai Bahaya Kanker Usus di sebuah radio, belum lama ini. 



Menurutnya jika sudah seperti itu, jalan satu-satunya yang harus dilakukan adalah membedah perut dan mengeluarkan kotoran dari dalam usus. Faktor penyebab utama penyakit ini sebenarnya belum diketahui lebih jelas, namun dugaan sementara penyakit ini timbul akibat pola hidup yang tidak sehat melalui konsumsi makanan, faktor genetik, obesitas dan jarang makan sayur dan buah pun terkadang dapat menjadi pemicu kanker usus.



Hal ini dikarenakan makanan yang kurang serat nabati akan menyebakan proses pencernaan menjadi kurang sehat. Sehingga makanan yang terlalu banyak mengandung lemak, protein kolesterol, dan kalori tinggi bisa membuat usus bekerja terlalu keras dan menimbulkan masalah penyakit kanker usus. (Republika.com)


Berikut: Makanan-makanan yang mengandung Serat agar Usus menjadi sehat dan terhindar dari kanker Usus.

Serat Dari Buah-buahan

Dari golongan buah, alpukat adalah yang tertinggi yaitu akan memberikan 10g serat setiap 1 buah sedang. Selanjutnya adalah buah berry yang menawarkan sekitar 8 g serat per cangkirnya. Sementara buah yang tinggi serat lainnya yang akan memberikan serat bagi anda sekitar lebih kurang 5 gr per buah adalah apel, pear, pepaya, pisang dan jeruk. Sementara anggur kering atau raisin hanya mampu memberikan serat sekitar 1 g per ons.

Serat Dari Sayur sayuran

Sayuran tertinggi mengandung serat adalah brokoli, yang menawarkan sekitar 5,1g serat per-cangkir rebus. Sayuran lain yang menawarkan serat sedikit dibawah brokoli adalah lobak, kubis, dan jagung manis. Sementara itu 1 kentang kecil panggang dengan kulit memberikan 1,3g serat, dan 1 wortel mentah memberikan 1,7g serat.

Serat Dari Kacang kacangan

Kacang banyak mengandung banyak serat. Menurut ahli gizi, kacang hitam dan kacang merah adalah jenis kacang yang merupakan sumber terbaik serat. Anda akan mendapatkan sekitar 15 g serat untuk setiap porsi 1 cangkir. Kacang-kacangan lain, seperti kacang mete, kacang almond juga tinggi serat. Sementara itu per cangkir Kacang hijau akan memberikan sekitar  8.8g serat, dan kacang kedelai bisa memberikan serat hingga 11g percangkirnya.

Serat Biji-bijian

Spaghetti, gandum, Oatmeal instan, Popcorn, beras, Beras merah, Roti gandum semuanya merupakan makanan sumber serat. Biji bijian lainnya adalah biji bunga matahari, dengan 3,9g serat persajian 1/4 cangkir.

Nah itu Dia Artikel tentang Serat yang dapat membuat usus Sehat dan terhindar dari Kanker. Nantikan Info-Info unik dan bermanfaat lainnya, hanya di BLOGGER JEMO LINTANK.

Tag: Konsumsi Serat bikin Usus sehat dan terhindar dari Kanker, Konsumsi Serat bikin Usus sehat dan terhindar dari Kanker, Konsumsi Serat bikin Usus sehat dan terhindar dari Kanker, Konsumsi Serat bikin Usus sehat dan terhindar dari Kanker, Konsumsi Serat bikin Usus sehat dan terhindar dari Kanker, Konsumsi Serat bikin Usus sehat dan terhindar dari Kanker, Konsumsi Serat bikin Usus sehat dan terhindar dari Kanker, Konsumsi Serat bikin Usus sehat dan terhindar dari Kanker, Konsumsi Serat bikin Usus sehat dan terhindar dari Kanker, Konsumsi Serat bikin Usus sehat dan terhindar dari Kanker

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Konsumsi Serat bikin Usus sehat dan terhindar dari Kanker"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA