Fakta-fakta cacing yang Unik dan Menarik

Fakta-fakta cacing yang Unik dan Menarik – Cacing merupakan hewan lembut melata yang bagi sebagian orang dianggap menjijikkan. Cacing mempunyai beberapa fakta yaitu sebagai berikut :

Fakta satu : Bermacam-Macam.
Cacing mempunyai macam-macam dan bentuk-bentuk yang berbeda diantaranya :

1. Cacing Tanah

Fakta-fakta cacing yang Unik dan Menarik
Fakta-fakta cacing yang Unik dan Menarik


Cacing tanah adalah cacing berbentuk tabung dan tersegmentasi dalam filum Annelida. Mereka umumnya ditemukan hidup di tanah, memakan bahan organik hidup dan mati. Sistem pencernaan berjalan melalui panjang tubuhnya. Cacing tanah melakukan respirasi melalui kulitnya. Cacing tanah memiliki sistem transportasi ganda terdiri dari cairan selom yang bergerak dalam selom yang berisi cairan dan sistem peredaran darah tertutup sederhana. Memiliki sistem saraf pusat dan perifer. Sistem saraf pusat terdiri dari dua ganglia atas mulut, satu di kedua sisi, terhubung ke tali saraf berlari kembali sepanjang panjangnya ke neuron motor dan sel-sel sensorik di setiap segmen. Sejumlah besar kemoreseptor terkonsentrasi di dekat mulutnya. Otot melingkar dan longitudinal di pinggiran setiap segmen memungkinkan cacing untuk bergerak. Set yang sama otot garis usus, dan tindakan mereka memindahkan makanan mencerna menuju anus cacing.

2. Cacing Filaria

Fakta-fakta cacing yang Unik dan Menarik
Fakta-fakta cacing yang Unik dan Menarik


Wuchereria bancrofti atau disebut juga cacing filaria adalah kelas dari anggota hewan tak bertulang belakang yang termasuk dalam filum Nemathelminthes. Bentuk cacing ini gilig memanjang, seperti benang maka disebut filaria.

3. Cacing Jantung

Cacing jantung atau nama ilmiahnya Dirofilaria immitis merupakan penyakit serius bagi anjing dan kucing dan sering kali membawa maut bila tak dirawat. Cacing yang disebar melalui vektor nyamuk Anopheles, tinggal di dalam arteri pulmonari menyebabkan kerusakan kepada jantung dan paru-paru.
Obat kelas avermectin digunakan secara meluas untuk mencegah penularan, tetapi American Heartworm Society memperkirakan sekitar 27 juta anjing di Amerika Serikat tidak dirawat.
Kasus Dirofilaria immitis dijumpai di seluruh negara bagian di AS dan survey yang dilakukan oleh para dokter hewan pada 2002 melaporkan 244.000 kasus menunjukkan positif untuk uji cacing jantung (heartworm).


4. Cacing kremi

Cacing kremi (bahasa Inggris: pinworm) (genus Enterobius), juga disebut threadworm (di Britania Raya dan Australia) atauseatworm, adalah cacing parasit. Termasuk nematoda (cacing gilig) dan merupakan parasit intestinal atau helminth, khususnya pada manusia.[2] Kondisi medis berkaitan dengan infeksi cacing kremi dikenal sebagai enterobiasis

5. cacing parasit

Cacing parasit adalah cacing yang hidup sebagai parasit pada organisme lain, baik hewan atau tumbuhan. Mereka adalah organismeyang seperti cacing yang hidup dan makan pada tubuh yang ditumpangi serta menerima makanan dan perlindungan sementara menyerap nutrisi tubuh yang ditumpangi. Penyerapan ini menyebabkan kelemahan dan penyakit. Penyakit yang diakibatkan oleh cacing parasit biasanya disebut secara umum sebagai kecacingan.

6. Cacing Pita

Taenia merupakan salah satu marga cacing pita yang termasuk dalam Kerajaan Animalia, Filum Platyhelminthes, Kelas Cestoda, BangsaCyclophyllidea, Suku Taeniidae. [1] Anggota-anggotanya dikenal sebagai parasit vertebrata penting yang menginfeksi manusia, babi, sapi, dankerbau.

7. Cacing tambang

Cacing tambang adalah cacing parasit (nematoda) yang hidup pada usus kecil inangnya, manusia. Ada dua spesies cacing tambang yang biasa menyerang manusia, Ancylostoma duodenale dan Necator americanus. Necator americanus banyak ditemukan di Amerika,Sub-Sahara Afrika, Asia Tenggara, Tiongkok, and Indonesia, sementara A. duodenale lebih banyak di Timur Tengah, Afrika Utara, India, dan Eropa bagian selatan. Sekitar seperempat penduduk dunia terinfeksi oleh cacing tambang. Infeksi paling sering ditemukan di daerahyang hangat dan lembap, dengan tingkat kebersihan yang buruk. bentuk infektif dari cacing tersebut adalah bentuk filariform. Setelah cacing tersebut menetas dari telurnya, muncullah larva rhabditiform yang kemudian akan berkembang menjadi larva filarifor.

Fakta Dua : Manusia tidak bisa hidup jika cacing punah :
Itu karena tanah tidak akan subur jika cacing semuanya musnah.

Fakta Tiga : Cacing Terbesar
Di Gippsland di Tenggara Australia ditemukanlah cacing terbesar di dunia. Dengan panjang 2 meter.




Fakta Empat : Cacing paling mengerikan

Ada beberapa macam cacing yang paling mengerikan, berikut diantaranya :

  
1. Cacing Mata Afrika

Nama latinnya adalah Loa Loa namun kerap dikenal dengan cacing mata dari Afrika. Cacing ini memasuki tubuh manusia melalui gigitan lalat rusa dan menaungi tubuh inangnya sampai bertahun-tahun lamanya tanpa diketahui sampai kamu akan merasa ada yang aneh di matamu dan melihat ada cacing kecil menggeliat di permukaan bola mata. Cacing ini banyak ditemukan di kawasan Afrika dan India dengan gejala gatal, nyeri sampai mati kelelahan.


2. Cacing Kaki Papua Nugini 

Nama latinnya adalah Dracunculus Medinensis dan merupakan salah satu parasit tertua yang ditemukan manusia. Cacing ini menyerang manusia, anjing, kucing, kuda, sapi dan lainnya yang ditemukan di Afrika serta Asia. Parasit ini masuk setelah tubuh sang inang menelan air yang terkontaminasi copepoda (kutu air) dan larva cacing ini. Setahun kemudian, cacing ini bisa membuat kulit manusia melepuh dan jika parah akan ada cacing yang keluar menyebabkan sensasi terbakar.

3. Cacing Penyebab Kaki Gajah
Ditularkan ke tubuh inang melalui nyamuk, larva cacing filaria penyebab kaki gajah ini masuk melalui gigitan nyamuk ke tubuh inang. Filaria menimbulkan penebalan kulit dan jaringan bawah, ruam, sampai membuat buta. Saat cacing filaria menyerangmu, kakimu akan membengkak mengerikan.

Fakta Lima : Ada cacing yang dibudidayakan
Tak hanya hewan-hewan seperti ayam, sapi dan sebagainya saja yang dapat dibudidayakan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Cacing juga banyak dibudidayakan oleh sebagian masyarakat untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Yang pasti bukan cacing yang berbaya yah, cacing yang dibudidayakan adalah cacing tanah.

Fakta enam : Dijadikan Obat
Cacing sebagian bisa dijadikan obat yaitu obat tipes, Cacing yang sering digunakan biasanya adalah cacing tanah yang ukurannya agak besaran dan pergerakannya sangat lincah. Cacing tersebut dibakar hingga gosong lalu dimasukkan dalam kapsul dan diminum. 

Itulah Fakta-fakta cacing yang Unik dan Menarik. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda :)

Fakta-Fakta yang lainnya bisa anda lihat disini

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Fakta-fakta cacing yang Unik dan Menarik"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA