Fakta-Fakta panda yang menarik

Fakta-Fakta panda yang menarik - Raksasa panda (Ailuropoda melanoleuca, menyala "hitam dan putih kucing-kaki"; Cina disederhanakan: 大熊猫; tradisional Cina: 大熊貓; pinyin: dà Xiong Mao; Jyutping: daai6 hung4 maau1, menyala "besar beruang kucing") , [2] juga dikenal sebagai beruang panda atau hanya panda, adalah beruang [3] asli Tiongkok tengah selatan. [1] Hal ini mudah dikenali oleh, patch hitam khas besar di sekitar mata, di atas telinga, dan seluruh nya tubuh bulat. Nama "panda raksasa" kadang-kadang digunakan untuk membedakannya dari panda merah yang tidak terkait. Meskipun milik urutan carnivora, diet panda raksasa adalah lebih dari 99% bambu. [4] Panda raksasa di alam liar kadang-kadang akan makan rumput lainnya, umbi liar, atau bahkan daging dalam bentuk burung, tikus atau bangkai. Dalam penangkaran, mereka dapat menerima madu, telur, ikan, ubi jalar, daun semak, jeruk, atau pisang bersama dengan makanan khusus disiapkan. [5] [6]

Panda raksasa tinggal di sebuah pegunungan beberapa di Cina Tengah, terutama di provinsi Sichuan, tetapi juga di provinsi tetangga, yaitu Shaanxi dan Gansu. [7] Sebagai hasil dari pertanian, penggundulan hutan, dan pembangunan lainnya, panda raksasa telah didorong keluar dari daerah dataran rendah di mana ia pernah tinggal.

Panda raksasa adalah konservasi bergantung spesies yang rentan. [8] [9] Sebuah laporan tahun 2007 menunjukkan 239 panda hidup di penangkaran di China dan 27 lain di luar negeri. [10] Pada Desember 2014, 49 panda raksasa hidup di penangkaran di luar Cina ., yang tinggal di 18 kebun binatang di 13 negara yang berbeda [11] perkiraan populasi liar bervariasi; salah satu perkiraan menunjukkan bahwa ada sekitar 1.590 orang yang tinggal di alam liar, [10] sementara studi tahun 2006 melalui analisis DNA memperkirakan bahwa angka ini bisa setinggi 2.000 ke 3.000. [12] Beberapa laporan juga menunjukkan bahwa jumlah panda raksasa di alam liar terus meningkat. [13] pada bulan Maret 2015, Mongabay menyatakan populasi panda raksasa liar meningkat 268, atau 16,8%, sebesar 1.864 individu. [14] pada 2016, IUCN direklasifikasi spesies dari "terancam punah" untuk "rentan" [9] (tidak percaya ada cukup kepastian belum melakukannya pada tahun 2008 [15]).

Sementara naga telah sering disajikan sebagai simbol nasional China, internasional panda raksasa muncul setidaknya seperti yang umum. Dengan demikian, itu menjadi banyak digunakan di Cina dalam konteks internasional, misalnya sebagai salah satu dari lima maskot Fuwa dari Olimpiade Beijing.

Fakta-Fakta panda yang menarik
Fakta-Fakta panda yang menarik


BERIKUT FAKTA-FAKTA PANDA YANG MENARIK

Fakta pertama : Rentang hidup dari panda raksasa di alam liar adalah sekitar 20 tahun. panda yang dipelihara dan dirawat dengan baik dapat hidup menjadi 25-30 tahun.

Fakta kedua : panda raksasa berada di ambang kepunahan, dengan lebih dari 1.000 panda yang tersisa di dunia. Para ilmuwan berharap untuk meningkatkan populasi panda liar untuk 5.000 di tahun 2025.

Fakta ketiga : Panda raksasa telah di daftar spesies terancam punah sejak tahun 1990. Ancaman yang paling signifikan untuk panda adalah hilangnya habitat dan perburuan. China hanya sekitar 5% lebih besar dari AS.

Fakta keempat : Banyak filsuf Cina percaya bahwa alam semesta terbuat dari dua kekuatan yang bertentangan, Yin dan Yang. panda adalah salah satu simbol filosofi ini dengan bulu hitam-putih yang kontras nya. Orang Cina percaya bahwa sifat lembut panda menunjukkan bagaimana Yin dan Yang membawa perdamaian dan harmoni ketika mereka berpadu.

Fakta kelima : Panda menjadi simbol perdamaian di Cina. Misalnya, ratusan tahun yang lalu, suku di China yang akan berperang menaikkan bendera dengan gambar panda di atasnya.

Fakta keenam : Panda sudah hidup di Bumi sejak dua atau tiga juta tahun yang lalu.

Fakta ketujuh : Panda merah dan panda raksasa berbagi habitat dan diet yang sama, dan kedua hewan juga terancam punah. Namun, tes ilmiah menunjukkan bahwa panda merah termasuk dalam keluarga rakun sedangkan panda raksasa adalah dalam keluarga beruang. Beberapa ilmuwan percaya bahwa panda raksasa sangat khusus yang harus dimiliki grup keluarga sendiri

Fakta kedelapan : Menurut legenda, panda pernah menjadi beruang serba putih. Ketika seorang gadis kecil mencoba untuk menyelamatkan seekor anak panda dari serangan macan tutul, macan tutul membunuh gadis tersebut. Panda datang padanya dengan lengan pemakaman mengenakan abu hitam. Ketika mereka menyeka mata mereka, berpelukan, dan menutupi telinga, mereka tercoreng dengan ashes hitam.

Fakta kesembilan : Panda bisa berdiri tegak, tapi kaki belakang pendek  tidak cukup kuat untuk mendukung tubuh mereka. tulang A panda adalah dua kali lebih berat sebagai tulang hewan lainnya yang memiliki ukuran yang sama.

Fakta kesepuluh : Panda merpati-berujung; dengan kata lain, mereka berjalan dengan kaki depan.

Fakta kesebelas : Panda tidak berlari lambat secepat mereka bisa pergi. Beruang tercepat adalah beruang hitam, yang dapat berjalan 35 mil per jam. Itu sekitar sama seperti kecepatan kuda.

Fakta kedua belas : bayi panda hidup dengan ibunya antara 18 bulan sampai 2 tahun

Fakta ketiga belas : panda betina berovulasi hanya sekali setahun. Mereka subur hanya dua atau tiga hari per tahun.

Fakta keempat belas : anak panda raksasa biasanya lahir pada bulan Agustus atau September dengan ukuran yang sangat kecil.  memiliki kulit merah muda, lapisan tipis bulu putih, ekor panjang, dan tidak ada gigi. matanya tertutup. Pada akhir bulan pertama, bayi panda memiliki semua belangnya. Matanya terbuka di sekitar 4-6 minggu. bayi panda yang berusia hampir 2 bulan sebelum itu adalah ukuran rata-rata seperti bayi manusia. Seorang bayi berusia hampir 2 tahun ketika meninggalkan ibunya.

Fakta keenam belas : Hanya ada sekitar 240 panda tawanan di dunia. Mereka adalah bagian dari program pemuliaan.

Fakta ketujuh belas : Nenek moyang panda raksasa adalah Ailurarctos ( "kucing beruang"), yang merupakan genus punah panda Cina yang hidup 8 juta tahun yang lalu. Tengkorak nenek moyang lain, Ailuropoda microta, menunjukkan bahwa itu adalah setengah ukuran panda raksasa modern. Penelitian menunjukkan bahwa selama 3 juta tahun terakhir, panda raksasa telah berevolusi sebagai linage terpisah dari beruang.

Fakta kedelapan belas : Panda memiliki kaki plantigrade. Ini berarti seluruh kaki mereka (jari-jari kaki dan tumit) menyentuh tanah saat berjalan, yang mirip dengan cara manusia, beruang lainnya, dan tikus berjalan. hewan lain, seperti anjing, kucing, dan kuda berjalan dengan berat badan mereka di kaki mereka

Fakta 19 : Ibu panda penangkaran akan sering melahirkan bayi kembar dibanding panda lliar.

Fakta 20 : Lebih dari separuh panda yang baru lahir meninggal karena penyakit atau tanpa sengaja diinjak oleh ibunya sendiri.

Fakta 21 : Dari 1974-1989, setengah dari habitat panda di daerah Sichuan China dihancurkan oleh aktivitas manusia

Fakta 22 : Sepasang panda berkembang biak membutuhkan lebih dari 11 mil persegi tanah. Satu panda raksasa biasanya membutuhkan antara 2,5 sampai 4 mil persegi lahan untuk survive.

Fakta 23 : Sebuah bulu panda bernilai antara $ 60.000 dan $ 100.000 pada market.c perdagangan ilegal

Fakta 24 : panda muda tinggal dengan ibu selama tiga tahun, yang berarti bahwa panda liar dapat meningkatkan hanya tiga atau empat anak di kehidupannya, seekor
panda makan  menghabiskan 14-16 jam sehari makan

Fakta 25 : panda menghabiskan 14-16 jam bambu tiap kali makan.

Fakta 26: Seekor panda raksasa dewasa beratnya sekitar 200-300 pound (90-135 kg) 

Fakta 27 : Seorang ibu panda adalah 900 kali lebih besar dari anak yang baru lahir, yang beratnya kurang dari 5 oz. Sebagai perbandingan, bayi manusia 8 pon akan memiliki seorang ibu yang beratnya 7.200 pounds.

Fakta 28 : Merangkak, panda raksasa berdiri sekitar 3 kaki (0,9 m) tinggi di bahu dan langkah-langkah sekitar 5 kaki (1,5 m) panjang. Laki-laki sekitar 10% lebih besar dari wanita.

Fakta 29 : Meskipun bulu panda raksasa terlihat halus dan lembut, sangat tebal dan liat. Rambut dari panda raksasa dewasa bisa tumbuh hingga 4 inci (10 cm) long.b
Para ilmuwan tidak yakin mengapa panda raksasa memiliki tanda itu. Beberapa ahli biologi percaya warna panda adalah kamuflase terang dan gelap untuk membantu menyembunyikan panda dalam bayang-bayang di hutan bambu. Ilmuwan lain percaya bahwa tanda hitam dan putih membantu panda menjaga suhu stabil, atau bahwa warna membantu panda raksasa menghindari panda lainnya. Masih ahli biologi lainnya percaya bahwa mata hitam besar panda membuat mata mereka terlihat lebih besar dan tatapan mereka lebih aggressive.

Fakta 30 : kepala bulat menggemaskan panda Panda adalah karena otot-otot rahang yang kuat

Fakta 31 : Wajah panda raksasa lucu, tapi tidak gemuk. Ia mendapat bentuknya dari otot pipi besar. Bahkan, rahang dan pipi otot panda raksasa yang begitu kuat sehingga panda dapat dengan mudah mengunyah hidangan aluminium menjadi potongan-potongan kecil. Mereka juga dapat dengan mudah menggigit melalui tangkai bambu tebal. Manusia memiliki kesulitan memotong tangkai yang sama dengan gigi.

Fakta 32 : tenggorokan panda memiliki lapisan khusus untuk melindungi dari tajamnya bambu

Fakta 33 : panda raksasa memiliki 42 gigi. Seperti manusia, panda raksasa memiliki dua set gigi di mulut mereka.

Fakta 34 : Hanya ada satu spesies panda (Ailuropoda melanoleuca atau "hitam-putih kucing kaki"). panda liar hidup hanya di kantong-kantong kecil tanah di China.d barat daya

Fakta 35 : Panggilan Cina panda raksasa daxiongmao atau "kucing beruang besar." Panda juga telah dikenal sebagai "binatang buas," "macan tutul putih," "binatang pemakan besi," dan "beruang bambu." H

Fakta 36 : Kata "panda" mungkin telah berkembang dari poonya kata Nepal, yang berarti "hewan-makan-bambu" atau "hewan pemakan tumbuhan."

Fakta 37 : Richard Nixon Richard Nixon menerima dua panda raksasa sebagai hadiah dari Cina

Fakta 38 : Setelah Richard Nixon mengunjungi China pada tahun 1972, ia menerima dua panda dari pemimpin Cina, Mao. Kedua panda, Ling-Ling dan Hsing-Hsing, ditempatkan di Kebun Binatang Nasional di Washington DC Lebih dari 1 juta orang mengunjungi mereka selama tahun pertama mereka di sana. Nixon adalah AS presiden pertama yang pernah mengunjungi China

Fakta 39 : Seluruh proses kawin seekor panda hanya memakan waktu sekitar dua atau tiga hari. Begitu mereka telah dikawinkan, perempuan mengejar laki-laki keluar dari wilayah mereka dan membesarkan anak mereka di sendiri.Estetika mereka
Masa kehamilan untuk panda raksasa bervariasi 97-163 hari. berbagai hal ini disebabkan implantasi tertunda, yang berarti bahwa setelah panda raksasa menjadi hamil, anak mulai tumbuh hanya jika ibu panda mampu mendapatkan cukup makanan. Setelah cub mulai berkembang, dibutuhkan sekitar 45-60 hari sebelum  melahirkan.

Fakta 40 : Seekor panda raksasa biasanya melahirkan seorang anak tunggal. 
Kadang-kadang kembar lahir, tetapi ketika hal ini terjadi, ibu biasanya mengabaikan anak yang lebih lemah. Dia tidak memiliki energi yang cukup untuk merawat dua bayi.

Fakta 41 : panda raksasa pertama yang pernah lahir di penangkaran lahir di kebun binatang Beijing di 1963.

Fakta 42 : panda raksasa telah diusir dari daerah dataran rendah di mana mereka dulu tinggal dan sekarang hanya ditemukan di provinsi Cina Sichuan, Gansu, dan Shaanxi. Hutan di provinsi ini sangat basah dan hujan. Dalam satu tahun, hutan dapat menerima hingga 50 inci hujan dan salju.

Fakta 43 : panda raksasa tidak berhibernasi karena diet bambu tidak akan memungkinkan mereka untuk membangun cadangan cukup lemak untuk musim dingin.

Fakta 44 : Banyak makanan yang raksasa makan panda tidak dicerna. seekor panda raksasa dewasa di musim semi dapat menghasilkan sekitar 62 pon kotoran di 24 jam.

Fakta 45 : Ada 300 spesies bambu di Cina. Ada sekitar 25 jenis yang berbeda di pegunungan di mana panda hidup. 

Fakta 46 : Meskipun 99% dari diet mereka adalah bambu, sistem pencernaan panda ini dirancang untuk daging. Bahkan, panda hanya menyerap 20% -30% dari nutrisi bambu. pemakan tanaman lain seperti rusa menyerap sekitar 80%. Ini berarti panda harus makan sebagian besar waktu itu terjaga untuk mendapatkan cukup nutrisi untuk kehidupannya.

Fakta 47. Suku Sichuan di China percaya bahwa urine panda dapat mengeluarkan jarum yang tertelan. Mereka juga percaya bahwa tidur pada melempari panda dapat membantu menjaga diri dari hantu dan membantu meramalkan masa depan. Dalam dinasti Quin (220 SM), kamus awal disebut Er Ya, mengklaim bahwa melempari panda bisa membantu kontrol.

Fakta 48 : Rata-rata, panda makan 25-30 pon bambu dalam satu hari. Pada musim semi, panda mungkin makan 100 pounds perhari.

Fakta 49 : Seekor panda raksasa dapat mengupas dan makan rebung di sekitar 40 detik.

Fakta 50 : Tidak ada representasi artistik tercatat panda raksasa sebelum century.g 20

Fakta 51 : Bambu mencapai siklus berbunga setiap 30-120 tahun. Setelah bunga bambu, seluruh spesies bambu meninggal dalam proses yang disebut bambu dieback. Hal ini dapat memakan waktu hingga 10-15 tahun untuk bambu untuk tumbuh kembali. Panda biasanya mampu bermigrasi ke daerah lain, tetapi mereka telah kehilangan begitu banyak habitant mereka untuk manusia bahwa migrasi telah menjadi semakin sulit. Hal ini sangat jarang untuk melihat lebih dari satu panda pada waktu di alam liar. panda raksasa tidak mempunyai  energi yang dibutuhkan untuk bersaing satu sama lain untuk makanan, wilayah, dan hidup.

Fakta 52 : panda dewasa begitu besar bahwa mereka tidak memiliki banyak musuh alami. Salju macan tutul, bagaimanapun, akan memangsa anaknya panda yang sudah rentan atau tua dan sakit..

Fakta 53 : Di Cina, panda raksasa dianggap simbol nasional.

Fakta 54 : Itu tidak sampai abad ke-20 yang panda raksasa menjadi dikenal ke seluruh dunia di luar China. Pertama raksasa hidup Panda meninggalkan China pada tahun 1936 bernama Su-Lin ( "sedikit sesuatu yang sangat lucu"). Ia tiba di Kebun Binatang Brookfield di Chicago.

Fakta 55 : Perancang busana dan sosialita Ruth Harkness (1900-1947), tanpa pelatihan atau pengalaman, menjadi orang Barat pertama untuk menangkap dan menyajikan panda raksasa hidup ke dunia luar China.

Fakta 56 : panda raksasa telah menjadi simbol dari organisasi konservasi internasional WWF, atau World Wide Fund for Nature, sejak didirikan pada 1961.c
Beberapa ilmuwan percaya bahwa panda raksasa adalah spesies sisa, yang berarti bahwa itu menjadi punah secara alami, bukan hanya karena aktivitas manusia. 
Ilmuwan lain percaya bahwa masalah panda secara langsung disebabkan oleh manusia.

Fakta 57 : Ada sekitar 15 panda raksasa di kebun binatang di luar China. kebun binatang Cina menampilkan 90 hewan captive lain.

Fakta 58 : Di bawah bulu, kulit panda raksasa berwarna hitam di mana bulu berwarna hitam, dan merah muda di bawah bulu puti.

Fakta 59 : panda raksasa memiliki penciuman rasa yang sangat baik. Bahkan di malam hari, mereka dapat menemukan bambu yang terbaik.

Fakta 60 : panda raksasa telah berevolusi unik "jempol" yang mereka gunakan untuk memegang batang bambu. jempol ini sebenarnya adalah sebuah pergelangan bone.c dimodifikasi

Fakta 61 : Sudah ilegal untuk membunuh panda di Cina sejak tahun 1960-an, namun hukum tidak ditegakkan secara ketat. Pada tahun 1987, undang-undang yang diperkuat untuk meningkatkan hukuman dari dua tahun untuk hukuman seumur hidup atau bahkan kematian. Hari ini hukuman kurang parah: 10-20 tahun di prison.

Fakta 62 : Tidak seperti keluarga beruang, panda tidak menggunakan ekspresi wajah untuk berkomunikasi. Ketika salah satu panda ingin mengancam lagi, itu menatap lawannya dengan kepala ke bawah. Para peneliti percaya panda mungkin melakukan itu sehingga telinga hitam akan terlihat seperti sepasang mata terhadap bulu putih di lehernya

Fakta 63 : Panda kadang terlihat bergulir ke bawah lereng. Sementara mereka dapat bermain, mereka juga dapat mencoba untuk mengusir ranting dari fur.c mereka

Demikianlah Fakta-Fakta panda yang menarik Semoga menambah wawasan anda.
Jangan lupa baca juga : 
dan

Tag: Fakta-Fakta panda yang menarik, Fakta-Fakta panda yang menarik Fakta-Fakta panda yang menarik, Fakta-Fakta panda yang menarik, Fakta-Fakta panda yang menarik, Fakta-Fakta panda yang menarik, Fakta-Fakta panda yang menarik, Fakta-Fakta panda yang menarik, Fakta-Fakta panda yang menarik, Fakta-Fakta panda yang menarik

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Fakta-Fakta panda yang menarik"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA