Sejarah dan Asal – Usul Tahun Baru Cina atau imlek

Sejarah dan Asal –Usul Tahun Baru Cina - Gong xi pai cai, Karena Hari ini adalah Tahun Baru Cina, Mimin Sengaja membuat Artikel Tentang Sejarah dan Asal-Usul tahun baru Cina. Artikel ini dapat menambah wawasan bagi kamu yang belum tahu :)


Sejarah dan Asal – Usul Tahun Baru Cina
Sejarah dan Asal – Usul Tahun Baru Cina


Tahun Baru Cina, juga dikenal sebagai Tahun Baru Imlek adalah yang paling penting di antara liburan tradisional Cina. Hal ini dirayakan pada hari pertama bulan pertama kalender Cina, yaitu hari bulan baru kedua setelah hari di mana titik balik matahari musim dingin terjadi. Sering dikenal sebagai the Spring Festival, Secara tidak resmi Festival ditemukan pada tanggal 23 atau tanggal 24 dari bulan ke-12 kalender lunar dan berakhir dengan Festival Lampion, yang pada hari kelima belas dari bulan pertama Tahun Baru (yaitu bulan purnama).

Asal Mula Tahun Baru Imlek :

Banyak legenda sejarah dan mitos yang dikaitkan sejak lama dengan perayaan festival Tahun Baru, namun hanya beberapa di antara mereka yang benar-benar cukup berkorelasi dengan perayaan adalah sebagai berikut.

Sejarah dan Asal – Usul Tahun Baru Cina atau imlek
Sejarah dan Asal – Usul Tahun Baru Cina atau imlek
Sejarah Tahun Baru Cina - Sejauh legenda abad-tua yang bersangkutan, mitos perayaan festival ini didedikasikan untuk mengusir rakasa jahat bernama Nian, yang mengincar warga desa dan digunakan untuk meneror mereka. Jadi menurut legenda yang sering di dengar, orang tua bijak menasehati sesama warga desa untuk membuat suara keras dengan drum dan petasan sehingga suara keras bisa membuatnya pergi jauh. Bahkan Orang-Tua bijak itu lebih menyarankan warga untuk menggantung kertas merah yang digunting dan bergulir di pintu mereka karena Nian takut akan warna merah. Para penduduk desa melakukan seperti yang diperintahkan, sehingga Nian sepenuhnya ditaklukkan. Sejak saat itu dan seterusnya ulang tahun tanggal tersebut Diakui sebagai  "lewat dari Nian, yang juga menjadi identik dengan merayakan Tahun Baru.


Sejarah dan Asal – Usul Tahun Baru Cina atau imlek
Sejarah dan Asal – Usul Tahun Baru Cina atau imlek
Orang-Orang Cina pada Dasarnya adalah agraris .pekerjaan utama mereka terdiri dari karya pertanian. Jadi untuk seluruh tujuan, kalender itu yang sering digunakan untuk melacak waktu sehingga memudahkan pertanian. Itu penting agar mengetahui kapan untuk mengelolah tanah dan ketika waktunya sudah matang untuk menabur benih. Dengan demikian dapat diasumsikan bahwa kalender pertama di Cina adalah semacam untuk kepentingan produksi pertanian. Namun tanggal Tahun Baru Cina berubah setiap tahun seperti yang seluruhnya didasarkan pada kalender lunar. Untuk sementara kalender Gregorian Barat didasarkan pada orbit bumi mengelilingi matahari, Cina dan sebagian besar negara-negara Asia yang menggunakan kalender lunar yang didasarkan pada orbit bulan mengelilingi bumi. Sehingga Tahun Baru Cina selalu jatuh pada bulan baru kedua setelah Puncak musim dingin.

Sejak peradaban Cina datang jauh lebih awal dari Buddhisme dan Taoisme pembangunan, maka kebiasaan yang berhubungan dengan perayaan jauh lebih berbeda dari agama-agama lain, seperti masyarakat agraris, Tahun Baru Cina berakar di banyak perayaan musim semi seperti Paskah atau perayaan Paskah.  Jadi Tahun Baru Cina kemungkinan awal persiapan untuk musim tanam baru.

Tahun Baru Cina vs Festival Musim Semi

 
Sejarah dan Asal – Usul Tahun Baru Cina atau imlek
Sejarah dan Asal – Usul Tahun Baru Cina atau imlek

Tahun Baru Imlek dan Festival Musim Semi cukup identik untuk peradaban Cina, karena mereka adalah peradaban minggu yang panjang, karena di sana ada antar-hubungan antara istilah kedua, yang umum digunakan.

Sejarah Tahun Baru Cina - Festival Musim Semi China Namun asal antar-hubungan antara istilah-istilah ini memang cukup menarik. Pada tahun 1912, Republik Cina yang baru terbentuk, yang sepatutnya diatur oleh partai Nasionalis, berganti nama menjadi liburan tradisional Tahun Baru Cina untuk Festival Musim Semi, dengan motif  dimana orang-orang Cina bisa menerima Tahun Baru Barat sebagai gantinya. Namun selama rentang waktu ini, banyak intelektual China merasa bahwa modernisasi berarti mengikuti Begitu saja.  Tapi ketika Komunis barat berkuasa pada tahun 1949, perayaan Tahun Baru dipandang sebagai salah satu acara feodal  (berhubungan dengan susunan masyarakat yang dikuasai oleh kaum bangsawan ) dan dengan demikian meresap dalam agama yang tidak tepat untuk seorang ateis China. Jadi di bawah Partai Komunis China, bertahun-tahun berlalu tanpa benar-benar Tahun baru.Tapi pada tahun 1980-an, Cina mulai meliberalisasi ekonominya, sehingga perayaan Festival Musim Semi perlahan menjadi bisnis besar. Sejak saat itu dan seterusnya perayaan mengambil bentuk yang sangat besar dan dengan demikian merayakan Tahun Baru menjadi urusan penting untuk Cina.


Beberapa tahun yang lalu, namun, pemerintah China mengumumkan bahwa liburan mereka akan dipersingkat. Sehingga banyak liburan Nasional sedang diperpendek oleh pemerintah Cina; Namun liburan selama seminggu dari Festival Musim Semi, masih diamati. Mungkin bahkan hari ini, beberapa zaman setelah Tahun Baru pertama, masih ada yang takut jika Nian Kembali hidup.


Demikianlah Sejarah dan Asal – Usul Tahun Baru Cina atau imlek, Semoga bermanfaat. Silahkan dishare ke sosial media kamu jika kamu menyukai artikel di atas ^_^

VIDEO :



Tag: Sejarah dan Asal – Usul Tahun Baru Cina atau imlek, Sejarah dan Asal – Usul Tahun Baru Cina atau imlek, Sejarah dan Asal – Usul Tahun Baru Cina atau imlek, Sejarah dan Asal – Usul Tahun Baru Cina atau imlek, Sejarah dan Asal – Usul Tahun Baru Cina atau imlek, Sejarah dan Asal – Usul Tahun Baru Cina atau imlek, Sejarah dan Asal – Usul Tahun Baru Cina atau imlek, Sejarah dan Asal – Usul Tahun Baru Cina atau imlek, Sejarah dan Asal – Usul Tahun Baru Cina atau imlek, Sejarah dan Asal – Usul Tahun Baru Cina atau imlek

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Sejarah dan Asal – Usul Tahun Baru Cina atau imlek"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA