21 Fakta Tentang HIV / AIDS Untuk Menambah Wawasan

21 Fakta Tentang HIV / AIDS Untuk Menambah Wawasan - Sulit untuk dipercayai bahwa HIV / AIDS hanya baru diakui selama sekitar 30 tahun. Pada waktu itu, wabah telah membuat krisis kesehatan di seluruh dunia dan mengklaim korban lebih dari 30 juta jiwa. Meskipun kemajuan jaman, AIDS terus membunuh sekitar 8.000 orang Amerika setiap tahun. Di tempat lain di dunia, khususnya sub-Sahara Afrika, situasi jauh lebih mengerikan, dengan lebih dari 15% dari populasi terinfeksi AIDS di beberapa negara. Berikut ini adalah beberapa fakta lebih menarik tentang pandemi global ini.

Lihat Juga artikel sebelumnya : 13 FAKTA BANGLADESH YANG MENARIK UNTUK MENAMBAH WAWASAN

21 Fakta Tentang HIV  AIDS Untuk Menambah Wawasan
21 Fakta Tentang HIV  AIDS Untuk Menambah Wawasan


1. Asal Mula

21 Fakta Tentang HIV  AIDS Untuk Menambah Wawasan
21 Fakta Tentang HIV  AIDS Untuk Menambah Wawasan


Ada dua jenis HIV; HIV-1 (yang telah ditelusuri kembali ke simpanse), dan HIV-2 (yang berasal dari monyet kecil Afrika).
Sejauh ini, versi yang paling mematikan adalah HIV-1. Justru ketika HIV-1 berpindah ke manusia mungkin tidak akan pernah diketahui; kebanyakan ilmuwan setuju bahwa itu tak lama sebelum 1931 dan kemungkinan konsekuensi dari rasa kesukuan untuk simpanse atau "hewan liar". Virus tidak hidup dalam arti tradisional, dan mereka sering menentang pemahaman kita tentang bagaimana organisme berperilaku dan berkembang. Hal ini diyakini bahwa awal HIV menginfeksi manusia secara ringan dan kadang-kadang menghentikan sistem kekebalan tubuh. Selama bertahun-tahun, virus tumbuh lebih keras dan bermutasi.

2. Kasus paling awal

Kasus paling awal AIDS pada manusia berasal dari Kinshasa, ibukota Republik Demokratik Kongo. Itu diidentifikasi dari sampel jaringan diawetkan dari 1959. Penyakit telah melompat ke Atlantik pada dekade berikutnya; Penderita pertama yang diketahui  di Amerika adalah seorang remaja Missouri bernama Robert Rayford, meninggal karena AIDS pada tahun 1969. Dokter percaya Rayford mungkin seorang gigolo. Pada tahun 1977, AIDS mulai mengambil nyawa di Eropa. Norwegia pelaut Arvid Noe adalah yang pertama dikenal sebagai korban . Ada beberapa bukti bahwa AIDS membuat putaran di Eropa setelah Perang Dunia II, didasarkan pada gelombang anak meninggal akibat PCP, penyakit yang hanya menimpa orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah. Keberadaannya hampir tanda pasti bahwa pasien memiliki AIDS. Seorang peneliti Belanda ditelusuri epidemi ke kota pelabuhan Baltic Danzig, kemudian menemukan itu menyebar ke seluruh benua. Hal ini diyakini bahwa penyakit disebarkan oleh praktek penggunaan jarum secara berulang. Anehnya, hanya sekitar sepertiga dari anak-anak meninggal, menunjukkan virus ini belum diakui virus paling mematikan.

3, Pasien Zero

Pramugara Perancis-Kanada Gaëtan Dugas sering difitnah sebagai "Typhoid Mary", atau "Pasien Zero" AIDS di Amerika. Ini adalah sikap kontroversial karena Dugas pasti bukan orang pertama yang terinfeksi AIDS, atau bahkan Amerika Utara pertama. Orang Amerika pertama yang diketahui adalah seorang remaja dari Missouri, dan menyerah pada tahun 1969. Namun demikian, sangat mungkin bahwa pergaulan Dugas menyebabkan penyakit menjadi luas. Banyak kasus besar dari awal didiagnosis di Amerika Serikat akhirnya langsung ditelusuri kembali ke Dugas. Karirnya sebagai pramugara memungkinkan dia untuk bergerak dengan mudah antara kota-kota besar, dan kebiasaannya mengunjungi pemandian g*y menempatkan dia dalam kontak dengan ratusan orang lainnya, yang pada gilirannya cenderung dihibur beberapa mitra. Hal ini menyebabkan penyebaran eksponensial penyakit, yang terjadi sepanjang tahun 1980. Gaëtan Dugas sendiri meninggal pada tahun 1984 dari gagal ginjal yang disebabkan oleh infeksi.

Baca Juga : 33 FAKTA KOLESTEROL UNTUK MENAMBAH PENGETAHUAN .... MARI HIDUP SEHAT

4. Kamuflase

HIV / AIDS jauh lebih menakutkan daripada penyakit lainnya karena kemampuannya untuk memotong sistem kekebalan tubuh dan kemudian menghancurkannya. Ketika virus memasuki sistem,  Virus menjadi berjubah dalam molekul gula karbohidrat yang melekat pada permukaannya, "membodohi" tubuh kita untuk berpikir virus adalah nutrisi. Namun, penelitian menunjukkan bahwa kita mungkin dapat menggunakan adaptasi ini terhadap HIV. Molekul-molekul gula itu menggunakan sedikit perbedaan dari yang biasanya ditemukan dalam tubuh- Vaksin yang cukup  dapat membantu tubuh kita mengenali virus dan memaksa sistem kekebalan tubuh untuk menyerang.

5. selebriti

Banyak orang terkenal telah meninggal karena AIDS, dengan kepribadian yang beragam seperti bintang tenis Arthur Ashe ke Queen frontman Freddy Mercury. Penting untuk dicatat bahwa banyak dari orang-orang ini (bersama dengan banyak orang di populasi umum), tertular dari transfusi darah sederhana, daripada terlibat dalam perilaku berisiko. Begitulah nasib penulis fiksi ilmiah Isaac Asimov produktif, yang turun dengan penyakit setelah menerima darah yang tercemar selama operasi bypass. Mungkin kasus yang paling terkenal dari selebriti dengan HIV adalah Magic Johnson, yang secara teratur muncul di acara televisi panel olahraga, tampak sehat meskipun hidup dengan HIV selama lebih dari dua puluh tahun. Ada beberapa yang mengklaim bahwa kekayaannya memungkinkan dia untuk membeli obat eksperimental.

6. Infeksi disengaja

Perang biologis telah dikenal sejak zaman kuno: penjajah melempar mayat yang terkena wabah ke atas dinding benteng, dan ada juga metode lain yang dilakukan. Mungkin seharusnya tidak mengejutkan kita bahwa HIV / AIDS kadang-kadang digunakan sebagai senjata, tetapi kenyataannya masih kecil. Dalam sistem penjara Afrika Selatan, yang ditakuti "Bilangan Gang" menggunakan pemerkosaan oleh narapidana yang terinfeksi AIDS sebagai hukuman. Korban dipotong untuk memastikan transmisi dalam proses mengerikan yang mereka sebut "lubang lambat". kasus lain, seperti New York Nushawn Williams, Williams berhubungan seks dengan puluhan-bahkan mungkin ratusan-wanita, setelah mengetahui di Positif HIV. Dia menginfeksi setidaknya 14 perempuan, dan dua anaknya lahir dengan virus, namun jumlah sebenarnya mungkin jauh lebih tinggi.

7. Hemo-Goblin
21 Fakta Tentang HIV AIDS Untuk Menambah Wawasan
21 Fakta Tentang HIV AIDS Untuk Menambah Wawasan



Tidak setiap superhero bergema akan penonton; Bagi Batman atau Wolverine, ada Aquaman. Tapi  bagaimana dengan tim kreatif yang meluncurkan "Hemo-Goblin" berpikir di luar pemahaman. Ditampilkan dalam DC Comic "The New Guardians" pada tahun 1988 (ketika pemahaman AIDS adalah dalam masa pertumbuhan), Hemo-Goblin adalah vampir HIV positif yang digunakan oleh kelompok supremasi kulit putih untuk menginfeksi orang kulit hitam dengan penyakit tersebut. Dia berhasil menularkan HIV kepada superhero ambigu g*y extraño sebelum meninggal karena AIDS sendiri, untungnya hanya dalam komik.

8. Kekebalan

Sementara itu mungkin tidak ada yang benar-benar "kebal" terhadap HIV / AIDS, ada beberapa orang yang menunjukkan resistensi yang kuat. Para ilmuwan telah menemukan setidaknya dua adaptasi yang berbeda, salah satu yang menolak infeksi di tempat pertama dan lain yang membuat HIV berkembang menjadi AIDS. Yang pertama adalah mutasi genetik yang ditemukan terutama di Skandinavia. Mutasi, yang disebut CCR5-delta 32, mencegah virus memasuki sel. Penelitian menunjukkan mutasi ini mungkin berasal dari sejarah Eropa pelapukan malapetaka yang mematikan. Setelah kebanyakan orang menjadi HIV positif, kecuali mereka mengambil muatan berat obat, itu hanya masalah waktu sebelum mereka menyerah pada penyakit. Namun, ada beberapa (sekitar 1 dalam 300)  sistem kekebalan berhasil menekan penyakit. Disebut "pengendali HIV", mereka tampaknya memiliki protein yang sedikit berbeda dalam darah mereka yang menjaga virus di teluk. Studi sedang berlangsung untuk meneliti bagaimana perbedaan ini dalam genom mungkin menghentikan perkembangan HIV pada individu yang kurang beruntung.

9. Kasus The Geoffrey Bowers

Pada tahun 1984, pengacara muda Geoffrey Bowers menemukan pekerjaan dengan Baker & McKenzie, salah satu perusahaan terbesar di dunia. Segera setelah itu, ia mulai menunjukkan gejala AIDS, termasuk sarkoma Kaposi. Meskipun menerima ulasan yang memuaskan dari atasannya, Bowers dipecat, dan perusahaan gagal mengikuti proses terminasi khas. Bowers mengajukan banding ke New York State Divisi Hak Asasi Manusia. kasusnya akan berlanjut untuk menjadi salah satu kasus diskriminasi AIDS pertama dalam sejarah hukum. sidang dimulai pada tanggal 14 Juli 1987. Sayangnya, Bowers hanya bertahan dua bulan saja. Kasus ini berakhir enam tahun sesudahnya, dengan tegas akhirnya didenda $ 500.000 untuk kerusakan ditambah membayar Bowers karena pemecatantersebut. Gugatan itu akhirnya diselesaikan di luar pengadilan, dan perusahaan membayar ke keluarga Bowers. cerita Geoffrey Bowers ' ini menginspirasi film Tom Hanks "Philadelphia", yang diambil dari wawancara dengan keluarganya diadakan tahun setelah kematian Geoffrey. Produsen berjanji mengkompensasi keluarga ketika film ini dirilis, tetapi hak untuk film itu dijual ke studio lain. keluarga Bowers 'digugat, dan lagi diselesaikan di luar pengadilan untuk jumlah yang dirahasiakan. "Philadelphia" memenangkan beberapa penghargaan, termasuk Oscar untuk Aktor Terbaik untuk Hanks.

10. Obat

Sempat beredar berita akan cerita-ceritaakan obat dari AIDS, penelitian baru yang menarik, dan kisah-kisah keajaiban hidup. Kisah Timothy Brown ; Brown telah hidup dengan HIV selama lebih dari satu dekade. Ketika ia didiagnosis dengan leukemia, dokter memberinya transplantasi sumsum tulang, memusnahkan pasokan penuh dan kemudian menggunakan sumsum dari donor dengan pertempuran mutasi AIDS. Hari ini, Brown bebas dari HIV. Jejak penyakit yang mungkin belum dapat menginfeksi sel-nya. Sayangnya, proses menyeka sumsum tulang sangat berisiko dalam dan dari dirinya sendiri- risiko 40% kematian. Jelas, banyak kemajuan harus dibuat sebelum ini dapat dianggap pengobatan praktis. Dalam Mississippi, bayi yang lahir dari ibu dengan HIV tampaknya sembuh setelah diobati secara agresif dengan obat antiretroviral segera setelah lahir. anak sekarang berusia hampir tiga tahun, dengan tidak ada tanda-tanda infeksi. Tentu saja, kasus-kasus ini jarang, dan dokter memperingatkan terhadap hal ini. Deteksi dini masih merupakan faktor kunci untuk awal penyelamatan setelah tertular HIV. Faktanya bahwa Obat untuk virus HIV masih sangat jauh untuk ditemukan.


1. "HIV" (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menginfeksi sistem kekebalan tubuh, mengurangi kemampuannya untuk melawan infeksi penyakit lain.

2. HIV dapat ditularkan melalui hubungan seks tanpa kondom, transmisi darah yang terinfeksi, berbagi jarum yang terinfeksi atau alat tajam lainnya, dan dari ibu kepada bayinya selama kehamilan, melahirkan, dan menyusui.

3. Lebih dari 35 juta orang hidup dengan HIV di seluruh dunia.

4. Lebih dari 1,1 juta orang di AS yang hidup dengan HIV, tapi hampir 1 dari 6 tidak tahu akan itu.

5. Sekitar 30 juta orang telah meninggal karena penyebab HIV / AIDS sejak penemuannya pada tahun 1981. Sekitar 1,7 juta meninggal karena HIV / AIDS pada tahun 2011 saja.

6. Pada akhir 2011, ada 3,3 juta anak yang hidup dengan HIV di seluruh dunia.

7. 70% dari semua orang yang hidup dengan HIV (24.700.000) tinggal di sub-Sahara Afrika, termasuk 91% dari anak-anak HIV-positif di dunia.

8. pria gay dan biseksual dari semua ras yang paling radikal terkena HIV di AS.

9. Kebanyakan orang yang hidup dengan atau berisiko tertular HIV tidak memiliki akses ke pencegahan, perawatan, atau pengobatan. Pada 2014, tidak ada obat untuk virus ini.

10. Pada tahun 2007, sekitar 74% dari diagnosis HIV / AIDS terhadap laki-laki dan 26% pada wanita.

11. Setiap 9,5 menit seseorang didiagnosis dengan HIV pada AS.

DEMIKIANLAH 21 Fakta Tentang HIV AIDS Untuk Menambah Wawasan. Semoga menambah wawasan kita semua. Share Jika menyukai artikel di atas..


Baca Juga : 33 FAKTA KOLESTEROL UNTUK MENAMBAH PENGETAHUAN .... MARI HIDUP SEHAT

VIDEO :





Tag : 21 Fakta Tentang HIV AIDS Untuk Menambah Wawasan, 21 Fakta Tentang HIV AIDS Untuk Menambah Wawasan, 21 Fakta Tentang HIV AIDS Untuk Menambah Wawasan, 21 Fakta Tentang HIV AIDS Untuk Menambah Wawasan, 21 Fakta Tentang HIV AIDS Untuk Menambah Wawasan, 21 Fakta Tentang HIV AIDS Untuk Menambah Wawasan, 21 Fakta Tentang HIV AIDS Untuk Menambah Wawasan, 21 Fakta Tentang HIV AIDS Untuk Menambah Wawasan, 21 Fakta Tentang HIV AIDS Untuk Menambah Wawasan, 21 Fakta Tentang HIV AIDS Untuk Menambah Wawasan 

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "21 Fakta Tentang HIV / AIDS Untuk Menambah Wawasan"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA