60 Fakta Menarik tentang Italia Yang dapat Menambah Wawasan Anda

60 Fakta Menarik tentang Italia Yang dapat Menambah Wawasan Anda - Italia resminya Republik Italia (bahasa Italia: Repubblica italiana[catatan 1]), adalah sebuah negara kesatuan yang berbentuk republik dengan corak parlementer di Eropa Selatan. Italia berbatasan dengan Perancis, Swiss, Austria, dan Slovenia di sepanjang Pegunungan Alpen di utara. Selain Semenanjung Italia, negara ini juga meliputi Sisilia, dan Sardinia (dua pulau terbesar di Laut Tengah), beserta banyak pulau lain yang lebih kecil di selatan. Kawasan pesisir negara ini berhadapan dengan Laut Liguria, Laut Tirenia, Laut Ionia, dan Laut Adriatik yang kesemuanya berhubungan langsung dengan Laut Tengah. Negara merdeka San Marino, dan Vatikan adalah enklave di Italia, sedangkan Campione d'Italia adalah eksklave Italia di Swiss. Wilayah Italia meliputi kira-kira 301.338 km persegi, dan dipengaruhi oleh iklim sedang. Dengan populasi sejumlah 60,8 juta jiwa, Italia merupakan negara berpenduduk terbanyak kelima di Eropa, dan terbanyak ke-23 di dunia.


60 Fakta Menarik tentang Italia Yang dapat Menambah Wawasan Anda
60 Fakta Menarik tentang Italia Yang dapat Menambah Wawasan Anda

Berikut 60 Fakta Menarik tentang Italia Yang dapat Menambah Wawasan Anda : 

1 : Nama Italia berasal dari italia kata, yang berarti "tanah Anak Lembu," mungkin karena itu banteng adalah simbol dari suku Italia selatan.

2 : Luas Italia adalah sekitar 116.400 mil persegi (termasuk Sisilia dan Sardinia), yang sedikit lebih besar dari Arizona.

3 : Italia adalah salah satu negara yang paling ramai di Eropa. Populasinya diperkirakan mencapai 58.126.212 pada bulan Juli 2009. Populasi Amerika Serikat diperkirakan mencapai 307.212.123 dengan tanggal yang sama.

4 : Nama resmi dari Italia adalah Italia Republik (Repubblica Italiana).

5 : Italia dikatakan memiliki lebih banyak karya per mil persegi dibanding negara lain di dunia.

6 : Hampir empat perlima dari Italia adalah salah pegunungan atau perbukitan.

7 : Pada tahun 2007, seekor anjing bernama Rocco menemukan truffle (Jamur Langka yang harganya sangat mahal) di Tuscany yang beratnya 3,3 pound atau sekitar satu setengah kilo. Itu dijual di lelang untuk $ 333.000 (USD), rekor dunia untuk truffle termahal.  [1]

60 Fakta Menarik tentang Italia Yang dapat Menambah Wawasan Anda
60 Fakta Menarik tentang Italia Yang dapat Menambah Wawasan Anda


8 : Italia mengklaim telah mengajarkan seluruh Eropa cara memasak. Italia bertanggung jawab untuk memperkenalkan dunia untuk es krim (melalui Cina), kopi, dan pai buah. Selain Belgia dan Perancis, Italia juga mengklaim telah membuat kentang goreng pertama. Buku masak pertama ditulis pada 1474 oleh Bartolomeo Sicci. [1]

9 : Serigala Italia adalah hewan nasional tidak resmi Italia dan memainkan peran besar dalam legenda berdirinya Roma.

10 : Ketika McDonald dibuka pada tahun 1986 di Roma, puritan makanan di luar restoran menyerahkan spaghetti gratis untuk mengingatkan orang-orang kan warisan kuliner mereka. 

60 Fakta Menarik tentang Italia Yang dapat Menambah Wawasan Anda
60 Fakta Menarik tentang Italia Yang dapat Menambah Wawasan Anda


11 : keju parmesan berasal dari wilayah sekitar Parma, Italia. Italia juga menciptakan banyak keju lainnya, termasuk gorgonzola, mozzarella, provolone, dan ricotta. Tidak ada yang tahu kapan pizza diciptakan, tetapi orang-orang dari Naples membuatnya populer. 


12 : Universitas Roma adalah salah satu universitas tertua di dunia dan didirikan oleh Gereja Katolik di Masehi 1303. Sering disebut La Sapienza ( "pengetahuan"), Universitas Roma juga universitas terbesar di Eropa dengan 150.000 siswa.

12 : Ada dua negara independen dalam Italia. Republik San Marino (25 mil persegi) dan Kota Vatikan (hanya 108,7 hektare)

13 : Italia San Marino adalah republik tertua  di dunia (AD 301), memiliki kurang dari 30.000 warga, dan memegang konstitusi terus menerus tertua di dunia. warganya disebut Sammarinese.

14 : Vatican City adalah satu-satunya negara di dunia yang dapat mengunci gerbang sendiri di malam hari. Ia memiliki perusahaan sendiri telepon, radio, stasiun T.V., uang, dan perangko. Bahkan memiliki tentara sendiri, Garda Swiss bersejarah.

60 Fakta Menarik tentang Italia Yang dapat Menambah Wawasan Anda
60 Fakta Menarik tentang Italia Yang dapat Menambah Wawasan Anda


15 : Sebagian flora alami Italia dan fauna telah lenyap karena berabad-abad budidaya. Sebagian besar satwa liar alami juga telah menghilang karena perburuan yang berlebihan

16 : Penulis "Pinocchio" ( "kacang pinus"), Carlo Collodi (1826-1890), adalah orang italia.

17 : Italia lebih sering menderita gempa bumi daripada orang Eropa lainnya. Pada 1693, diperkirakan 100.000 orang meninggal dalam gempa bumi di Sisilia. Gempa terbaru yang paling mematikan di Italia terjadi di Naples pada tahun 1980, menewaskan 3.000 orang. [1]

18 : Tidak ada negara lain di Eropa yang memiliki banyak gunung berapi selain Italia. Hal ini karena semenanjung Italia berdiri di garis patahan. Tiga gunung api utama (Etna, Stromboli, dan Vesuvius) telah meletus dalam seratus tahun terakhir.

19 : Pada tahun 2000 SM, suku Italic (Oscans, Umbrians, Latin) telah menetapkan diri di Italia. Mereka diikuti oleh Etruria di 800 SM dan orang-orang Yunani, yang mendirikan koloni dikenal sebagai Magna graeca di Italia selatan (sekarang Apulia). Roma didirikan pada 753 SM, dan segera setelah itu orang Romawi mulai menaklukkan semenanjung.

20 : Pada puncaknya di AD 117, Kekaisaran Romawi membentang dari Portugal di Barat untuk Suriah di timur, dan dari Inggris di Utara ke padang pasir Afrika Utara di Mediterania. Menutupi 2,3 juta mil (dua-pertiga ukuran AS) dan memiliki populasi 120 juta orang. Selama Abad Pertengahan, Roma memiliki mungkin tidak lebih dari 13.000 penduduk.

21 : Seperti sebagian besar Eropa lainnya, Italia dirusak di pertengahan abad keempat belas oleh Black Death, kombinasi malapetaka (terutama pes) yang dibawa ke Genoa dengan pedagang Italia kembali dari Timur Tengah. pemulihan merangsang pertumbuhan dan membantu mengembangkan kemanusiaan dan Renaissance (gerakan budaya).

22 : Dua Italia khususnya kontribusi untuk Pencerahan abad kedelapan belas ini: Cesare Beccaria (1738-1794), yang menuliskan tentang Kejahatan dan Hukuman menyebabkan reformasi yang luas dalam pengobatan tahanan dan penjahat, dan Giambattista Vico (1668-1774), seorang filsuf, penceramah, dan sejarawan yang sering diduga telah mengantar dalam filsafat modern sejarah. [4]

23 : Lebih dari 50 juta turis per tahun mengunjungi Italia. Pariwisata sangat penting untuk perekonomian Italia dan menyediakan hampir 63% dari pendapatan nasional Italia

24 : Italia Michelangelo di Lodovico Buonarroti Simon (1475-1564) pernah dianggap telah dicat dalam nuansa muram, tapi setelah lukisan dinding nya di Kapel Sistina yang dibersihkan, ditemukan bahwa dia benar-benar dicat warna-warna cerah, seperti ungu, hijau, dan pink. Berabad-abad dari kotoran dan asap dari lilin telah melunakkan warna-warna cerah. Beberapa sejarawan seni berpendapat bahwa restorasi pergi terlalu jauh dalam upaya mereka membersihkan dan menyingkirkan bayangan gelap  yang dimaksud Michelangelo .

25 : Pre-dinner passeggiata (jalan-jalan malam) adalah salah satu kegiatan rekreasi yang paling abadi Italia di mana Italia berjalan-jalan di jalan-jalan untuk melihat dan dilihat.

26 : Ketika orang-orang Yahudi Eropa dianiaya selama Perang Dunia II, itu hal biasa bagi beberapa orang Yahudi bersembunyi di katakombe kuno Italia.


27 : Kain Kafan dari Turin adalah bagian kuno kain linen dipercaya menanggung jejak samar dari tubuh laki-laki, mungkin Yesus Kristus setelah ia dibunuh. Sudah di Katedral San Giovanni Turin untuk setidaknya 420 tahun. Sementara para ilmuwan telah menentukan kafan itu dibuat tidak lebih awal dari tahun 1200-an, orang lain terus memperdebatkan kapan dan bagaimana kafan itu dibuat.

28 : Pada 1930 dan 40-an, Italia fasis Benito Mussolini (1883-1945) mencoba untuk menghilangkan kata-kata asing dari Italia. Dalam sepak bola, "Tujuan" menjadi "meta" dan Donald Duck menjadi "Paperino." Mickey Mouse menjadi "Topolino" dan Goofy menjadi "Pippo." Sementara larangan itu tidak permanen, nama-nama Italia tetap umum

29 : Dimulai pada 1560 untuk Cosimo l de 'Medici, Galeri Uffizi di Florence adalah salah satu museum tertua di dunia dan berisi karya-karya terkenal oleh Michelangelo, Botticelli, dan da Vinci.

30 : Sekitar 85% dari Orang Italia adalah Katolik Roma, dengan Protestan, Yahudi, dan membuat komunitas Muslim tumbuh minoritas.

31 : Sepakbola adalah olahraga Italia yang paling populer, dan Stadion San Siro yang terkenal di Milan memegang 85.000 orang. Italia telah memenangkan Piala Dunia empat kali (1934, 1938, 1982, dan 2006), membuat tim negara kedua setelah Brazil dalam jumlah kemenangan. [1]

32 : Sepak bola diperkenalkan ke Italia pada 1800-an oleh Inggris, namun tidak sampai tahun 1930-an di bawah Mussolini bahwa olahraga melepas di tingkat internasional. [7]

33 : penggemar sepak bola di Italia disebut tifosi, yang berarti "pembawa tifus." penggemar sepak bola Italia dikenal karena perilaku gaduh dan kurangnya inhibisi.

34 : Dalam 1454, permainan nyata catur manusia berlangsung di Marostica, Italia. Daripada melawan duel berdarah, pemenang dari permainan catur akan menang tangan seorang gadis cantik. Untuk memperingati peristiwa itu , setiap September di tahun genap, piazza utama kota menjadi papan catur berukuran hidup. [1]

35 : Italia menjadi tuan rumah Olimpiade tiga kali. 1956 Winter Games diadakan di Cortina d'Ampezzo, Zuel, dan Alpen Dolomite. 1960 Olimpiade diadakan di Roma. Dan Turin menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2006. [1]

36 : Dikenal sebagai "Tiga Air Mancur," Dante Alighieri (1265-1321), Francesco Petrarch (1304-1374), dan Giovanni Boccaccio (1313-1375) adalah Bisa dibilang tiga penulis Italia yang paling terkenal sepanjang masa. Divine Comedy Dante (Divina Commedia) memiliki pengaruh besar pada sastra Italia, dan ia dianggap sebagai ayah dari bahasa Italia. [4]

37 : kelahiran Italia adalah yang terendah kedua di dunia Barat. Kedua pemimpin politik dan gereja telah menyatakan keprihatinan dan telah menawarkan hadiah untuk pasangan yang memiliki lebih dari satu anak. [4]

38 : Liburan terbesar di Italia adalah Natal. Banyak orang merayakan Natal dengan pesta besar, sering menghidangkan makanan laut. Natal berlangsung sampai Epiphany, 6 Januari, tanggal ketika Tiga Pria bijak dikatakan telah mencapai palungan Yesus. [1]

39 : Italia adalah di antara para pemimpin di dunia industri fashion. Pada tahun 1950, desainer Italia seperti Nino Cerruti dan Valentino memimpin dunia dalam menciptakan busana bergaya. Selain itu, Armani, Versace, Gucci, dan Prada telah menjadi diakui secara internasional. Italia juga dikenal untuk mobil sport halus, seperti Ferrari dan Lamborghini. [1]

40 : Biola pertama kali muncul di Italia pada tahun 1500-an, mungkin dari workshop Andrea Amati (1505-1578) di Cremona. Kota ini kemudian menjadi rumah Antonio Stradivari (1644-1737), yang paling terkenal dari pembuat biola. [1]

41 : Terowongan tanah terpanjang di dunia adalah Lötschberg Base Tunnel, yang membuktikan link kereta api 22 mil antara Swiss dan Italia.

60 Fakta Menarik tentang Italia Yang dapat Menambah Wawasan Anda
60 Fakta Menarik tentang Italia Yang dapat Menambah Wawasan Anda


42 : Dipengaruhi sebagian oleh bendera Prancis, bendera Italia telah berkembang selama beberapa ratus tahun. bendera secara vertikal dibagi menjadi tiga bagian yang sama dari hijau, putih, dan merah, mewakili harapan, iman, dan amal. Interpretasi lain adalah bahwa hijau merupakan lanskap Italia, putih mewakili Pegunungan Alpen yang tertutup salju, dan merah mewakili darah yang membawa kemerdekaan Italia

43 : Pada tahun 2008, ahli Italia diusulkan isolasi Michelangelo David dari getaran langkah kaki turis untuk mencegah marmer dari retak.

44 : Italia adalah salah satu pendiri dari Uni Eropa dan merupakan anggota dari Kelompok Delapan (G8), sebuah forum untuk delapan negara yang paling kuat di dunia.

45 : Pulau-pulau Sardinia yang terkenal dengan "penyihir" mereka yang membuat ramuan kesehatan bagi masyarakat setempat. "penyihir" biasanya perempuan dan mereka menggunakan bahasa rahasia yang mereka berikan kepada anak-anak perempuan mereka.

60 Fakta Menarik tentang Italia Yang dapat Menambah Wawasan Anda
60 Fakta Menarik tentang Italia Yang dapat Menambah Wawasan Anda


46 : Sebuah bagian dari Italia utara yang disebut Val Camonica mengandung sekitar 350.000 petroglyphs yang dibuat hampir 10.000 tahun yang lalu.

47 : Galileo Galilei (1564-1642) adalah seorang ilmuwan kelahiran Italia. Ketika ia berpendapat bahwa Bumi berputar mengelilingi Matahari, Gereja Katolik memenjarakan Galileo di rumahnya sendiri. Gereja mengeluarkan permintaan maaf resmi pada tahun 1992.

48 : warga negara Italia yang berusia minimal 18 tahun dapat memilih majelis rendah di parlemen, Kamar Deputi. Warga yang berusia minimal 25 tahun dapat memilih untuk 315 anggota majelis tinggi, Senat.

49 : panjang garis pantai Italia dan ekonomi dikembangkan menarik banyak imigran ilegal dari Eropa tenggara dan Afrika. Selain itu, Latin kokain Amerika, Southwest pahlawan Asia, dan kejahatan terorganisir telah semua menemukan pasar aktif di Italia.

50 : Menara Miring Pisa dibangun pada 1173 dan mulai untuk bersandar segera setelah itu, mungkin karena landasan buruk cara meletakkannya. Selama Perang Dunia II, Nazi digunakan sebagai menara pengawas. Setelah upaya rekonstruksi pada tahun 2008, insinyur menyatakan menara akan stabil setidaknya selama 200 tahun.

51 : opera pertama di dunia yang terdiri di Italia pada akhir abad keenam belas. Opera mencapai puncak popularitas pada abad kesembilan belas, ketika karya-karya Gioacchino Rossini (1792-1868), Giacomo Puccini (1858-1924), dan Giuseppe Verdi (1813-1901) menjadi sangat populer. Tenor akhir Luciano Pavarotti (1935-2007) adalah selebriti nasional, dan Claudio Monteverdi (c. 1567-1643) dianggap sebagai ayah dari opera modern. [4]

52 : Banyak anak-anak Italia yang belum menikah tinggal di rumah sampai usia 30-an, bahkan jikapun mereka memiliki pekerjaan. Keluarga Italia berdiri di jantung masyarakat Italia.

53 : Orang-orang Arab membawa pasta kering ke Italia pada abad ketiga belas (meskipun pasta segar dibuat sebelum itu). Itu biasa dimakan dengan madu dan gula; saus tomat tidak ditambahkan sampai abad XVII dan XVIII. Cara kuno makan pasta dengan jari, lengan terangkat tinggi dan kepala miring ke belakang. Pasta tradisional dibuat oleh ibu rumah tangga, yang lulus teknik berharga untuk anak-anaknya. Saat ini ada lebih dari 500 jenis pasta makan di Italia saat ini.

54 : Bahasa musik adalah Italia. Kata "skala" berasal dari scala, yang berarti "langkah." Dan andantenya, allegro, presto, dan vivace hanya beberapa dari banyak notasi musik Italia.

55 : Dari tahun 1861 ke tahun 1985, lebih dari 26 juta orang meninggalkan Italia (sebagian besar dari penuh sesak selatan) untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Hanya satu dari empat yang pulang lagi.

56 : Puncak tertinggi di Eropa adalah di Italia. Monte Bianco (Gunung Putih) adalah 15.771 kaki tinggi dan merupakan bagian dari Pegunungan Alpen.

57 : Di Italia utara, nama terakhir cenderung berakhir di "i", sedangkan yang dari selatan sering berakhir di "o." Nama keluarga Italia yang paling umum adalah Russo.

58 : Meskipun perekonomian Italia tertinggal sisa Eropa pada paruh pertama abad kedua puluh, saat itu adalah ekonomi terbesar ketujuh di dunia.

59 : Italia adalah bahasa Romantis turun dari Vulgar Latin, dialek yang diucapkan oleh orang-orang yang tinggal selama bertahun-tahun terakhir dari Kekaisaran Romawi. Italia memiliki kata-kata yang lebih Latin daripada bahasa lain Romantis, dan sistem tata bahasa yang tetap sama dengan Latin. Latin masih merupakan bahasa resmi Vatikan di Roma.

60 : Ibukota Italia adalah Roma (juga dikenal sebagai Kota Abadi) dan berusia hampir 3.000 tahun. Sudah ibukota sejak 1871 dan merupakan rumah bagi Kubah Santo Petrus, Kapel Sistina, Coliseum, dan Trevi Fountain terkenal

60 Fakta Menarik tentang Italia Yang dapat Menambah Wawasan Anda
60 Fakta Menarik tentang Italia Yang dapat Menambah Wawasan Anda


Demikianlah 60 Fakta Menarik Tentang Italia. Semoga dapat menambah wawasan anda. Silahkan Dishare Jika Menyukai artikel di atas. Baca Juga : 15 LOKASI DI EROPA YANG MENYERAMKAN ... KAYA SEJARAH DAN CERITA YANG MENAKUTKAN

VIDEO :




Tag: 60 Fakta Menarik tentang Italia Yang dapat Menambah Wawasan Anda, 60 Fakta Menarik tentang Italia Yang dapat Menambah Wawasan Anda, 60 Fakta Menarik tentang Italia Yang dapat Menambah Wawasan Anda, 60 Fakta Menarik tentang Italia Yang dapat Menambah Wawasan Anda, 60 Fakta Menarik tentang Italia Yang dapat Menambah Wawasan Anda, 60 Fakta Menarik tentang Italia Yang dapat Menambah Wawasan Anda, 60 Fakta Menarik tentang Italia Yang dapat Menambah Wawasan Anda, 60 Fakta Menarik tentang Italia Yang dapat Menambah Wawasan Anda, 60 Fakta Menarik tentang Italia Yang dapat Menambah Wawasan Anda, 60 Fakta Menarik tentang Italia Yang dapat Menambah Wawasan Anda


Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "60 Fakta Menarik tentang Italia Yang dapat Menambah Wawasan Anda"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA