66 Fakta Menarik Selandia Baru Yang Akan menambah Wawasan Kita Semua

66 Fakta Menarik Selandia Baru Yang Akan menambah Wawasan Kita Semua – Menurut Wikipedia, Selandia Baru (dalam bahasa Maori disebut Aotearoa (artinya Tanah Berawan Putih Panjang); bahasa Inggris: New Zealand, bahasa Latin: Nova Zeelandia) adalah sebuah negara kepulauan di barat daya Samudera Pasifik; kira-kira 1.500 kilometer di tenggara Australia, di seberang Laut Tasman; dan kira-kira 1.000 kilometer di selatan negara-negara kepulauan Pasifik, yakni Kaledonia Baru, Fiji, dan Tonga. Negara ini terdiri dari dua pulau besar (Pulau Utara dan Pulau Selatan) dan beberapa pulau lainnya yang lebih kecil. Karena letaknya yang jauh, Selandia Baru merupakan kepulauan terakhir yang didiami oleh manusia.

Baca Juga artikel sebelumnya : 21 FAKTA TENTANG HIV / AIDS UNTUK MENAMBAH WAWASAN

66 Fakta Menarik Selandia Baru Yang Akan menambah Wawasan Kita Semua
66 Fakta Menarik Selandia Baru Yang Akan menambah Wawasan Kita Semua



Berikut 66 Fakta Menarik Selandia Baru Yang Akan menambah Wawasan Kita Semua :

1. Ketika ditentukan oleh penjelajah Belanda yang tidak terikat ke benua Amerika Selatan, mereka mengubah namanya dari Staten Landt (Amerika Selatan) ke Nova Zeelandia (Selandia Baru), setelah provinsi Zeeland, Belanda

2. Wellington, Selandia Baru, adalah ibu kota negara paling selatan di dunia pada lintang 41,2 ° Selatan. Ini juga berbagi kehormatan menjadi ibukota yang paling jauh dengan Canberra, Australia, lebih dari 1.243 mil (2.000 km) jauhnya.

3. Ratu Elizabeth II dari Inggris adalah ratu resmi Selandia Baru. Dia diwakili di negara oleh gubernur jenderal.

4. Selandia Baru / Māori mantan pelacur Georgina Beyer menjadi transeksual pertama di dunia Anggota Parlemen pada tahun 1999.

5. Mile Ninety, Pantai Selandia hanya mempunyai panjang  56 mil (90 km)

6. Nama Māori untuk Selandia Baru adalah Aotearoa, yang berarti "Tanah Awan Putih Panjang."

7. Rantai restoran The Pizza Hut tidak mendapatkan keju mozzarella dari Italia; mereka membeli keju dari Taranaki, Selandia Baru.

8. The Auckland City Sky Tower, dengan tinggi 1.076 kaki (328 m) adalah struktur berdiri bebas tertinggi di belahan bumi selatan.

66 Fakta Menarik Selandia Baru Yang Akan menambah Wawasan Kita Semua
66 Fakta Menarik Selandia Baru Yang Akan menambah Wawasan Kita Semua


9. Selandia Baru menyebut diri mereka sebagai Kiwi, yang mungkin tanggal kembali ke Perang Dunia I ketika tentara Selandia Baru diperoleh julukan. Dolar Selandia Baru juga disebut Kiwi di pasar keuangan internasional. Dolar koin memiliki burung kiwi di satu sisi.

10. Selandia Baru adalah salah satu negara paling sedikit penduduknya di dunia dengan hanya 4,4 juta penduduk.


11. Selandia Baru mencintai mobil mereka. Ada 2,5 juta mobil untuk 4 juta orang, membuat mereka menjadi salah satu tingkat kepemilikan mobil tertinggi di dunia

12. Dikatakan bahwa Selandia Baru bisa memperbaiki apa pun dengan panjang pagar kawat Nomor-8, bukti semangat Selandia Baru yang ditemukan dan membuat diri mereka semangat. Hal ini mengacu pada fakta bahwa kawat yang paling umum digunakan untuk pagar dalam menjaga sapi dan domba di padang mereka disebut Kawat no-8.

13. Mamalia asli selandia baru adalah kelelawar

14. film populer yang dibuat di Selandia Baru oleh pembuat film Selandia Baru termasuk : Were Warriors, The Whale Rider, Piano, dan trilogi Lord of the Rings.

15. Tidak ada ular di Selandia Baru.

16. Selandia Baru adalah negara pertama di dunia yang memungkinkan hak pilih universal, yang memungkinkan perempuan untuk memilih pada tahun 1893.

17. Selandia Baru memiliki tujuh kali lebih banyak domba dan tiga kali lebih banyak sapi daripada orangnya.

18. Pohon kauri di Selandia Baru memakan waktu sekitar 200 tahun untuk menjadi dewasa. Pohon terbesar kauri di dunia, Tane Mahuta (Lord of the Forest), yang terletak di Waipoua Forest, memiliki keliling lebih dari 43 kaki (13 m) dan tinggi keseluruhan 169 kaki (51,5 m). Hal ini juga dilaporkan sekitar 2.100 tahun.



19. pohon The Pohutukawa Selandia Baru, memekarkan bunga merah selama beberapa minggu setiap Desember.

20. Selandia Baru dikatakan memiliki lebih banyak helikopter per kapita dibanding populasi lain di Bumi. Mereka pertama kali digunakan pada 1960-an menyisihkan rusa, dengan sampai 50 helikopter pemusnahan sebanyak 200 rusa masing-masing dalam satu hari.

21. Selandia Baru adalah negara pertama yang memiliki tiga posisi yang kekuasaan dilaksanakan serentak oleh perempuan. Perdana Menteri Helen Clark, Gubernur Jenderal Dame Silvia Cartwright, dan Hakim Agung Sian Elias

22. Pada tahun 2009, Selandia Baru menduduki puncak Global Peace Index produktif perbedaan menjadi negara paling damai di dunia.

23. Selandia Baru merupakan produsen terbesar kedua di dunia dari wol (setelah Australia).

24. Selandia Baru kecanduan akan dunia luar, dan "tramping" (berjalan atau hiking) adalah hobi nasional paling populer.

25. Selandia Baru adalah salah satu negara yang paling liberal di dunia dengan pernikahan sesama jenis dan prostitusi (meminta dan bordil menjaga) menjadi hukum. Usia mengemudi adalah 15, usia konsensual untuk seks adalah 16 tahun.

26. Tidak ada tempat di Selandia Baru ini lebih dari 87 mil (140 km) dari laut.

27. Selandia Baru telah menemukan jarum suntik sekali pakai, pagar listrik nonshortable, GPS Navman, dan atas anak-bukti untuk botol pil.

28. Populasi Selandia Baru akan memukul 11 ​​juta jiwa jika negara akan menerima semua orang yang ingin menetap di sana, menurut Gallup, yang dinilai itu ketiga di Index Potensi Net Migration 2009.

30. Terletak di 178 ° lintang, Gisborne adalah kota pertama di dunia untuk melihat matahari terbit setiap hari.

31. Selandia Baru adalah salah satu dari lima produsen susu di dunia. peternak sapi perah menghasilkan 220 lb (100 kg) dari mentega dan 143 lb (65 kg) keju setiap tahun untuk setiap orang yang tinggal di Selandia Baru.

32. Wasit pertama di dunia yang menggunakan peluit untuk menghentikan permainan adalah William Atack dari Christchurch, Selandia Baru, pada tahun 1884.

33. Jalan tercuram di dunia diyakini adalah di Baldwin Street, dengan 38 ° gradien, di Dunedin, Selandia Baru.

Baca Juga : Fakta Menarik Myanmar

34. Selandia Baru adalah salah satu dari sedikit negara dengan dua lagu kebangsaan: "Tuhan membela Selandia Baru," yang diadopsi pada tahun 1940 sebagai lagu nasional dan pada tahun 1977 sebagai lagu co-nasional, dan "God Save the Queen," yang biasanya bermain hanya ketika anggota keluarga kerajaan hadir. Dua negara lainnya dengan royal dan lagu negara yang Denmark dan Kanada.

35. Bug weta adalah serangga bersayap ditemukan di Selandia Baru yang telah hampir tidak berubah dalam 190 juta tahun terakhir. Raksasa weta berbahaya adalah serangga terberat di dunia di 2,5 ons (71 g.


36. Auckland, Selandia Baru, disebut "kota layar." Ini memiliki kepemilikan perahu tertinggi per kapita di dunia. Pada hari Senin terakhir bulan Januari, Auckland Anniversary Regatta berlangsung. Dengan lebih dari 1.000 entri, itu adalah satu hari acara berperahu pesiar terbesar dunia.

37. Rugby adalah olahraga lama paling populer di Selandia Baru. lahir di sekolah bahasa Inggris dari Rugby pada tahun 1823 ketika seorang anak dengan nama William Webb Willis menjadi bosan dengan menendang bola dan mengambilnya dan tenggelam akan hal itu. Hari ini adalah olahraga nasional Selandia Baru dan dimainkan oleh 250.000 di tingkat klub. Tim nasional bernama All Blacks.

38. Buah kiwi menghasilkan Selandia Baru lebih dari satu miliar dolar setahun. Buah berasal dari China di mana itu disebut Persik monyet karena mereka dianggap matang ketika monyet makan mereka. Mereka berganti nama pertama gooseberry Cina dan kemudian buah kiwi di Selandia Baru, dan Selandia Baru mulai mengekspor mereka di tahun 1950-an. Hari ini, buah datang dalam dua jenis:. Umum, kabur tertutup hijau dan emas dengan kulit yang halus

39. Buku terlaris dalam sejarah Selandia Baru adalah Edmonds Cookery Book, awalnya diterbitkan pada tahun 1908 untuk mempromosikan penggunaan Edmonds Baking Powder. Pada tahun 2003, dalam edisi ke-51, ia telah menjual sekitar empat juta kopi dalam suatu populasi yang baru saja mencapai nomor yang sama.

40. Moa adalah burung tidak bisa terbang  yang asli dari Selandia Baru. Spesies terbesar, moa raksasa, mencapai sekitar 12 kaki (4 m) tinggi dan berat sekitar 550 pon (249 kg). Beberapa burung terbesar yang pernah menghuni bumi, mereka adalah herbivora dominan dalam ekosistem negara selama ribuan tahun sebelum mereka diburu hingga punah oleh Māori.

66 Fakta Menarik Selandia Baru Yang Akan menambah Wawasan Kita Semua
66 Fakta Menarik Selandia Baru Yang Akan menambah Wawasan Kita Semua


41. Selandia Baru telah memenangkan lebih banyak medali emas Olympic, per kapita, dibandingkan negara lain.

42. Yang paling terkenal dari makanan penutup di Selandia Baru adalah pavlova, kue meringue atasnya dengan whipped cream dan irisan buah segar. Hal itu dinamai untuk menghormati balerina Rusia Anna Pavlova yang mengunjungi Selandia Baru pada tahun 1920. Selama beberapa dekade, ada kontroversi antara Australia dan Selandia Baru selama mana itu diciptakan. Setelah bertahun-tahun penelitian, resep tampaknya memang menjadi dari asal Selandia Baru (dari buku resep Selandia Baru), tapi itu disebut oleh istri seorang manajer sebuah pub hotel di Australia Barat.

66 Fakta Menarik Selandia Baru Yang Akan menambah Wawasan Kita Semua
66 Fakta Menarik Selandia Baru Yang Akan menambah Wawasan Kita Semua


43. belut Selandia Baru hidup sampai 80 tahun dan berkembang biak hanya sekali, pada akhir kehidupan mereka dan mereka berenang sepanjang jalan ke Tonga untuk melakukannya.

44. Selandia Baru adalah daratan utama yang terakhir di luar daerah kutub harus diselesaikan oleh manusia. Pemukim pertama adalah Māori, yang tiba antara tahun 800 dan 1200. tradisi Māori mengatakan mereka datang dari sebuah pulau yang disebut Hawaiki, dan meskipun lokasi pulau ini tidak diketahui, ada hubungan linguistik yang kuat antara Kepulauan Cook dan Selandia Baru Maori .

45. Danau Taupo adalah sumber dari letusan gunung berapi terbesar yang diketahui di dunia dalam 70.000 tahun terakhir. Diperkirakan bahwa kelahiran kekerasan yang memuntahkan 15.000 kali volume bahan dikeluarkan ketika Gunung Saint Helens di Washington State meletus pada tahun 1980. [16]

46. Bungee jumping mungkin dikenal berasal di Vanuatu kuno di Pasifik di mana orang-orang muda untuk membuktikan kejantanan mereka, harus memanjat menara bambu, dasi beberapa tali halus di sekitar kaki mereka, dan melompat. bungee jumping Modern dimulai di Inggris oleh Oxford Dangerous Sports Club tapi dikomersialkan di Selandia Baru oleh A.J. Hackett dan Henry van Asch, yang membawa olahraga menjadi sorotan ketika mereka bungee melompat dari Menara Eiffel pada tahun 1987.

47. Te Waikoropupū Springs (dikenal sebagai Pupu Springs) debit 3.698 galon (14.000 liter) air per detik dan merupakan mata air tawar terbesar di Selandia Baru, adalah mata air dingin yang terbesar di belahan bumi selatan, dan mengandung air jelas yang pernah diukur di luar Antartika.

48. Kelahiran Selandia Baru astrofisikawan Dr William Pickering adalah penting untuk pencapaian program ruang angkasa NASA. Sebagai direktur Jet Propulsion Lab (JPL) di Cal Tech, Pickering menjadi tokoh kunci dalam ekspedisi Mariner II ke Venus pada tahun 1963 dan Ranger VII ke Mars pada tahun 1965; Ranger VIII, yang difoto permukaan bulan, pada tahun 1966; dan Apollo XI, yang ditempatkan Neil Armstrong sebagai manusia pertama di bulan pada tahun 1969.

49. The glowworm (Arachnocampa luminosa) sebenarnya adalah larva dari jamur nyamuk (relatif nyamuk), yang menempel pada atap gua di Selandia Baru. cahaya hijau kebiruan yang memancarkan larva berasal dari benang sutra lengket di tubuhnya, yang digunakan untuk menjebak serangga terbang. Larva lapar adalah, cerah bersinar.

50. sikap anti nuklir setia Selandia Baru telah memberinya julukan "Tikus yang meraung." Ironisnya, orang yang bertanggung jawab untuk usia nuklir adalah Selandia Baru. Pada tahun 1917, ahli fisika nuklir Ernest Rutherford adalah orang pertama yang membagi inti atom dan datang dengan teori orbital atom. Ia juga memenangkan Hadiah Nobel, dan wajahnya muncul di NZ catatan $ 100. Dia telah tampil pada perangko di Selandia Baru, Rusia, Swedia, dan Kanada.

51. Jim Burke adalah pemegang rekor dunia untuk membuka tiram paling banyak (1719) dalam satu jam. Itu setara dengan membuka 28 tiram permenit untuk jam padat

52. Selandia Baru menawarkan lebih dari 400 lapangan golf, baik negeri maupun swasta. Itu salah satu untuk setiap 9.000 orang, jumlah tertinggi lapangan golf per kapita di dunia.

53. Antartika adalah padang gurun besar terakhir, dengan hampir 90% dari es dunia terkapar atas area yang lebih besar dari Amerika Serikat. Selandia Baru Alexander von Tunzelmann diyakini menjadi orang pertama yang melangkah ke darat di Antartika di Cape Adare pada bulan Januari 1895. Selandia Baru juga mengambil bagian dalam eksplorasi oleh orang Inggris Robert Falcon Scott dan Anglo-Irlandia Ernest Shackleton antara tahun 1900 dan 1917.

54. Lagu "How Bizzare" adalah hit besar di Eropa, Inggris, Amerika Serikat, dan Australia selama 1996. Lagu ini oleh Selandia Baru Band OMC, singkatan Otara Millionaire Club, yang membuat cahaya dari rumah miskin OMC ini dari Otara.

55. Dame Kiri Te Kanawa mungkin anak paling terkenal di Selandia Baru, lahir di Gisborne pada tahun 1944. Sebuah megabintang di dunia opera, dia telah memainkan wanita terkemuka di gedung opera paling terkenal di dunia dan dia bernyanyi di depan penonton 600 juta di pernikahan Pangeran Charles dan Lady Diana pada tahun 1981.

56. Pakeha adalah kata Selandia Baru Maori untuk "orang asing" dan terutama digunakan untuk menyebut seseorang keturunan Eropa. Ini mungkin berasal dari pakepakeha kata yang berarti "peri berkulit pucat," atau mungkin juga berarti "babi putih."

57. burung kiwi adalah burung asli Selandia Baru. Dalam kaitannya dengan ukuran tubuh burung, telur kiwi adalah telur terbesar di dunia, dengan berat sekitar sepertiga dari berat badan burung betina. kiwi adalah satu-satunya burung di dunia yang memiliki indera penciuman. Namanya berasal dari khas, panggilan melengking pria.

66 Fakta Menarik Selandia Baru Yang Akan menambah Wawasan Kita Semua
Dengan berat sekitar sepertiga dari berat badan burung betina, telur burung kiwi dpt dikatakan telur burung terbesar


58. Selandia Baru memiliki 44 spesies reptil asli. Tuatara adalah yang terbesar, tumbuh hingga 2 kaki (60 cm) panjang. Hal ini diyakini sebagai spesies hanya hidup dari keluarga reptil yang telah punah di bagian lain dari dunia 60 juta tahun yang lalu.

59. Pada tahun 1926, sebuah Hunterville, Selandia Baru, petani bernama John Lambert dipromosikan ide menggunakan pesawat kecil dari yang untuk menjatuhkan pupuk. Hal ini diyakini penggunaan pertama dari topdressing udara, atau tanaman-debu, di dunia.

60. Menurut saksi, Richard Pearse-a Canterbury, Selandia Baru, petani yang mulai Membangun pesawat pertamanya pada akhir abad ke-19 terbang pesawat selama sekitar 0,6 mil (1 km) pada tanggal 31 Maret 1903, bulan sebelum Wright Bersaudara terkenal melakukan penerbangan pertama mereka di Amerika.

61. Menurut legenda Selandia Baru Maori, lompatan mati dari pohon Pohutukawa pada titik Cape Reinga untuk memulai perjalanan mereka ke neraka di perairan berputar di mana Samudra Pasifik dan Laut Tasman bertemu.

62. Kriket telah dimainkan di Selandia Baru selama lebih dari 150 tahun dan merupakan olahraga yang diselenggarakan tertua Selandia Baru. Negara ini dijamin kemenangan tes pertama melawan Hindia Barat pada tahun 1956 dan seri pertama uji coba melawan Pakistan pada tahun 1969.

63. Beberapa ahli percaya bahwa kumara, semacam ubi jalar dibawa oleh Maori ke Selandia Baru, dari Amerika Selatan.

64. Kelahiran Selandia Baru Nancy Wake (nama kode tikus putih) memimpin serangan gerilya melawan Nazi dengan tentara 7.000 terkuat. Dia memiliki beberapa penghargaan sebagai orang yang paling dicari Gestapo dan menjadi servicewoman Sekutu yang paling dihiasi selama Perang Dunia II.

65. British Explorer Kapten James Cook dirintis pembuatan bir di Selandia Baru ketika ia mendirikan tempat pembuatan bir pertama di Selandia Baru pada Dusty Suara. Hari ini, ada tiga pabrik di negara ini.

66. Selandia Baru Maori memuja Pounamu (hijau tua nephrite jade) dan tangi wai (lebih lembut, tembus bowenite) biasanya kolektif dikenal sebagai Greenstone. Di Māori, seluruh area barat daya dari Selandia Baru dikenal sebagai Te Wahipounamu (tempat Greenstone).

66. Herbert James "Burt" Munro dari Invercargill, Selandia Baru, masih memiliki dunia rekor kecepatan darat untuk di bawah-1000 sepeda motor cc. Laju  clock resminya di atas Utah Bonneville Salt Flats pada tahun 1967 di 183,567 mph (295,422 km per jam). kisahnya dalam film 2005 ,Tercepat di Dunia India.



Fakta Hari penting Selandia baru :

Baca Juga : Fakta Menarik Myanmar

M. 800-1200 Māori prajurit Kupe dan partainya tiba di tujuh kano legendaris dari Hawaiki, pulau ibu dari Polinesia timur. Mereka menyebutkan tanah Aotearoa.
1531 peta Eropa Pertama muncul dengan Terra Australis digambar di atasnya.
1642 Abel Janszoon Tasman adalah orang Eropa pertama yang melihat Selandia Baru. partainya tidak pernah mendarat dan meninggalkan setelah pertempuran laut dengan Māori, tapi dia menyebutkan tanah Nova Zeelandia (Selandia Baru).
1769 penjelajah Inggris Kapten James Cook menjadi orang Eropa pertama yang menjelajahi pantai Utara dan Pulau Selatan Selandia Baru. Dia juga membuat kembali perjalanan pada tahun 1773 dan 1777.
1809 Pertama pemukim Pakeha Eropa tiba di Russell.
1815 misionaris Inggris Pertama tiba di Selandia Baru.
1840 Perjanjian Waitangi antara suku Māori Inggris dan beberapa janji perlindungan Māori tanah dan membangun hukum Inggris di Selandia Baru.
1845-1872 Selandia Baru (atau Tanah) Wars terjadi di mana Māori memberontak melawan kekuasaan kolonial Inggris.
1861 Emas ditemukan di Otago oleh Gabriel Baca.
1865 Wellington secara resmi bernama ibu kota.
1867 Māori diberikan hak untuk memilih.
1870 Wool didirikan sebagai andalan perekonomian.
1870 Pertama rugby pertandingan dimainkan di Selandia Baru.
1882 Pertama didinginkan pengiriman daging daun Selandia Baru untuk Eropa.
1878 Pemerintah Selandia Baru memperkenalkan pertama pensiun hari tua di dunia untuk pria.
1887 Tongariro National Park didirikan. Ini adalah yang pertama di Selandia Baru dan keempat di dunia.
1893 Selandia Baru menjadi negara pertama yang memberikan perempuan hak untuk memilih.
1907 Selandia Baru menjadi dominion dalam Kerajaan Inggris.
1908 Ernest Rutherford memenangkan Hadiah Nobel Kimia untuk membelah inti atom.
1914 Perang Dunia I dimulai. Selandia Baru mengirimkan ribuan pasukan ke upaya perang Inggris.
1917 gerakan Temperance menutup pub at 6:00 Hukum sore ini dicabut pada tahun 1967.
1915 tentara Selandia Baru menderita korban berat selama Kampanye Gallipoli di Turki.
1939-1945 tentara Selandia Baru melihat aksi selama Perang Dunia II di Eropa, Afrika Utara, dan Pasifik.
1942 100.000 tentara Amerika tiba di Selandia Baru untuk melindungi pulau-pulau dari Jepang.
1947 Selandia Baru keuntungan kemerdekaan penuh dari Inggris, meskipun masih bagian dari Persemakmuran Inggris.
1951 Selandia Baru bergabung pakta militer ANZUS dengan AS dan Australia.

1953 Sir Edmund Hillary dan Sherpa Tenzing Norgay adalah yang pertama ke puncak Mt. Everest.
1981 Protes anti-apartheid selama tur rugby Afrika Selatan membuat kerusuhan sipil.
1985 Selandia Baru menolak untuk mengizinkan AS kapal bertenaga nuklir atau senjata nuklir untuk masuk port-nya. agen dinas rahasia Perancis meledakkan kapal Greenpeace Rainbow Warrior di Auckland Harbor.
1987 Selandia Baru menjadi zona bebas nuklir. Māori menjadi bahasa nasional resmi.
1993 referendum Nasional memperkenalkan perwakilan proporsional.
1996 Di bawah sistem pemilihan baru, jumlah Māori anggota parlemen naik 6-15.
1997 Jenny Shipley terpilih sebagai perdana menteri wanita pertama Selandia Baru.
1998 Waitangi pengadilan perintah pemerintah untuk mengembalikan tanah yang disita di Turangi Township untuk pemilik Māori.
Partai Buruh 1999 menang pemilu. Helen Clark menjadi perdana menteri.
2002 Helen Clark meminta maaf ke Samoa untuk perlakuan buruk Selandia Baru warganya selama masa kolonial.
2004 Māori TV dimulai penyiaran.
2006 Ratu penduduk Māori adat, Te Arikinui Dame Te Atairangikaahu, meninggal pada usia 75 setelah memerintah 40 tahun.
2008 Sir Edmund Hillary meninggal pada usia 88 di Auckland.
2011 Selandia Baru host dan memenangkan Piala Dunia Rugby. Christchurch dilanda gempa terburuk dalam sejarah negara itu.
2012 sensus nasional Pertama diadakan.
2013 Selandia Baru menjadi negara pertama di kawasan Asia-Pasifik untuk melegalkan pernikahan sesama jenis.

Demikianlah 66 Fakta Menarik Selandia Baru, semoga menambah wawasan Kita semua. Share Jika menyukai artikel di atas :)

Baca Juga : Fakta Menarik Myanmar

VIDEO :



Tag : 66 Fakta Menarik Selandia Baru Yang Akan menambah Wawasan Kita Semua, 66 Fakta Menarik Selandia Baru Yang Akan menambah Wawasan Kita Semua,66 Fakta Menarik Selandia Baru Yang Akan menambah Wawasan Kita Semua, 66 Fakta Menarik Selandia Baru Yang Akan menambah Wawasan Kita Semua, 66 Fakta Menarik Selandia Baru Yang Akan menambah Wawasan Kita Semua, 66 Fakta Menarik Selandia Baru Yang Akan menambah Wawasan Kita Semua, 66 Fakta Menarik Selandia Baru Yang Akan menambah Wawasan Kita Semua, 66 Fakta Menarik Selandia Baru Yang Akan menambah Wawasan Kita Semua, 66 Fakta Menarik Selandia Baru Yang Akan menambah Wawasan Kita Semua, 66 Fakta Menarik Selandia Baru Yang Akan menambah Wawasan Kita Semua

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "66 Fakta Menarik Selandia Baru Yang Akan menambah Wawasan Kita Semua"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA