loading...

Fakta menarik tentang Laut Utara Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

1. Laut Utara adalah laut di Eropa utara.


Fakta menarik tentang Laut Utara Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
Sumber Foto : http://www.worldatlas.com


2. Ini adalah bagian dari samudera Atlantik.

3. Laut Utara terletak antara Norwegia dan Denmark di timur, Skotlandia dan Inggris di barat, Jerman, Belanda, Belgia dan Prancis di selatan.

4. Laut epeiric (atau "rak") di landas kontinen Eropa, menghubungkan ke laut melalui Selat Inggris di selatan dan Laut Norwegia di utara.

5. Panjangnya lebih dari 970 kilometer (600 mil) dan lebar 580 kilometer (360 mil)

6. Laut disini memiliki luas permukaan 570.000 kilometer persegi (220.000 mil persegi).

7. Volume air Laut Utara sekitar 54.000 kilometer kubik (13.000 mil kubik).

8. Kedalaman maksimum adalah 700 meter (2.300 kaki) dan kedalaman rata-rata adalah 95 meter (312 kaki) di bawah permukaan laut.

9. Laut Utara adalah lautan terdingin di dunia. Suhu rata-rata di musim panas adalah 17 ° C (63 ° F) dan 6 ° C (43 ° F) di musim dingin.

10. Pola utama aliran air di Laut Utara adalah rotasi anti-searah jarum jam di sepanjang tepinya.


11. Pantai Laut Utara menyajikan keragaman fitur geologis dan geografis. Di utara, fjord dalam dan tebing terjal menandai garis pantai Norwegia dan Skotlandia, sedangkan di selatan terdiri terutama pantai berpasir dan lumpur berlumpur lebar.

12. Di sekitar tepian Laut Utara adalah pulau dan kepulauan yang cukup besar, termasuk Shetland, Orkney, dan Kepulauan Frisian.

13. Laut Utara menerima air tawar dari sejumlah daerah aliran sungai benua Eropa, serta Kepulauan Inggris.

14. Nama "Laut Utara" mungkin masuk ke bahasa Inggris melalui Belanda "Noordzee", yang menamakannya sehingga berbeda dengan Zuiderzee ("South Sea"), yang terletak di sebelah selatan Frisia, atau hanya karena laut umumnya berada di utara Belanda. Sebelum adopsi "Laut Utara," nama-nama yang digunakan dalam bahasa Inggris adalah "Laut Jerman" , yang terakhir mengacu pada nama Latin "Oceanus Germanicus", dan nama itu bertahan sampai tahun 1830-an.

15. Pada zaman es terakhir Laut Utara ditutupi oleh area es yang luas yang disebut gletser. Sekitar 20.000 tahun yang lalu es mencair dan Laut Utara terbentuk.

16. Perkembangan peradaban Eropa telah sangat dipengaruhi oleh lalu lintas maritim di Laut Utara. Kekaisaran Romawi dan Viking keduanya memperluas wilayah kontemporer mereka di seberang laut. Liga Hanseatic, Belanda, dan Kerajaan Inggris berusaha untuk mendominasi perdagangan baik di Laut Utara dan melaluinya.

17. Sebagai satu-satunya gerai laut di laut, Laut Utara terus menjadi penting secara strategis melalui Perang Dunia Kedua.

18, Dalam beberapa dekade terakhir, kepentingan laut sebagian besar beralih dari masalah militer dan geopolitik ke ekonomi dan lingkungan. Kegiatan tradisional, seperti penangkapan ikan dan pengiriman, terus tumbuh dan sumber daya alam seperti bahan bakar fosil dan energi angin, telah ditemukan dan dikembangkan di sana.

19, Laut Utara adalah perikanan utama di Eropa yang mencatat lebih dari 5% ikan komersial internasional yang tertangkap.

20. Pada tahun 1960-an ahli geologi menemukan area besar minyak dan gas alam di bawah Laut Utara. Sebagian besar ladang minyak dimiliki oleh Inggris dan Norwegia namun beberapa diantaranya milik Denmark, Belanda dan Jerman.

21. Karena angin kencang yang kuat, dan air dangkal, negara-negara di Laut Utara, khususnya Jerman dan Denmark, telah menggunakan pantai untuk tenaga angin sejak tahun 1990an. Laut Utara adalah rumah dari salah satu peternakan angin lepas pantai skala besar pertama di dunia, Horns Rev 1], selesai pada tahun 2002. Sejak saat itu banyak peternakan angin lainnya telah ditugaskan di Laut Utara (dan di tempat lain) .

22. Laut Utara penting untuk transportasi laut dan jalur pelayarannya termasuk yang paling sibuk di dunia.

23. Pelabuhan utama berada di sepanjang pesisirnya: Rotterdam, [foto di bawah] pelabuhan tersibuk di Eropa dan pelabuhan tersibuk keempat di dunia dengan tonase pada tahun 2013, Antwerp (16) dan Hamburg (27th), Bremen / Bremerhaven dan Felixstowe , Keduanya berada di 30 pelabuhan tersibuk dari yang tersibuk, serta Pelabuhan Bruges-Zeebrugge, pelabuhan RoRo terkemuka di Eropa.

24. Pantai dan perairan pesisir Laut Utara merupakan destinasi bagi wisatawan. Pantai Belgia, Belanda, Jerman dan Denmark dikembangkan untuk pariwisata. Pantai Laut Utara Inggris memiliki tujuan wisata dengan resor pantai dan lapangan golf.

25. Lebih dari 230 spesies ikan hidup di Laut Utara. Cod, haddock, whiting, saithe, plaice, sole, mackerel, herring, cout, sprat, dan sandeel semuanya sangat umum dan dipancing secara komersial.

26. Laut Utara juga merupakan rumah bagi mamalia laut termasuk spesies Lumba-lumba dan Ikan paus.

27. Pantai di Laut Utara adalah rumah bagi cagar alam termasuk muara Ythan, Cagar Alam Fowlsheugh, dan Kepulauan Farne di Inggris dan Taman Nasional Laut Wadden di Denmark, Jerman dan Belanda. Lokasi ini menyediakan tempat berkembang biak bagi puluhan spesies burung.

28. Karena populasi manusia yang besar dan tingkat industrialisasi yang tinggi di sepanjang pantainya, margasatwa di Laut Utara telah mengalami polusi, perburuan, dan penangkapan berlebih.

29. Meski jarang, Laut Utara telah menjadi lokasi sejumlah tsunami yang tercatat secara historis.


30. Pada tahun 2006 sebuah fragmen tulang ditemukan saat pengeboran minyak di laut utara. Analisis menunjukkan bahwa itu adalah Plateosaurus dari 199 menjadi 216 juta tahun yang lalu. Ini adalah fosil dinosaurus terdalam yang pernah ditemukan dan penemuan pertama untuk Norwegia.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Fakta menarik tentang Laut Utara Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA