loading...

Fakta menarik tentang komet Yang dapat menambah Pengetahuan

Fakta menarik tentang komet Yang dapat menambah Pengetahuan : Segalafakta.id - Sahabat Segala Fakta, setelah barusan kita membahas Fakta akan manfaat Kubis, mari kita beralih ke tata Surya. Ada fakta Komet yang menarik untuk kita ketahui. Berikut Fakta menarik tentang Komet yang dapat menambah pengetahuan :

Baca Juga : 53 Fakta tentang Mars Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan

Fakta menarik tentang komet
Fakta menarik tentang komet


Fakta 1 : Komet adalah sistem tata surya yang sangat kecil yang sebagian besar terbuat dari es dicampur dengan sejumlah kecil debu dan batu.

Fakta 2 : "Komet" berasal dari bahasa Latin “cometes", yang pada gilirannya berasal dari bahasa Yunani “kometes” yang berarti "berambut panjang".

Fakta 3 : Sebuah komet memiliki empat komponen: nukleus, koma, ekor debu dan ekor ion.

Fakta 4 : Inti komet terdiri dari es dan material berbatu dan diameternya kira-kira beberapa ratus meter sampai 100 km (62 mil).

Fakta 5 : Awan gas yang terbentuk di sekitar nukleus karena koma yang dipanaskan diketahui sebagai koma. Gas-gas ini biasanya berupa campuran uap air, amonia, karbon dioksida.

Fakta 6 : Ekor debu komet terdiri dari gas dan partikel debu kecil tertiup dari nukelus saat komet dipanaskan. Ekor debu adalah bagian komet yang paling terlihat.

Fakta 7 : Ekor ion adalah aliran gas terionisasi yang langsung ditiupkan dari Matahari sebagai akibat dari Kontak komet dengan angin matahari.

Fakta 8 : Ketika sebuah komet dipanaskan oleh Matahari, esnya mulai menyublim. Campuran kristal es dan debu bertiup jauh dari nukleus komet di angin matahari, menciptakan sepasang ekor. Ekor debu adalah apa yang biasanya kita lihat saat kita melihat komet dari Bumi.

Fakta 9 : Komet ekor bisa lebih dari 1 juta km (600.000 mil).

Fakta 10 : Komet datang dalam beberapa kategori. Yang paling umum adalah periodik dan non-periodik.

Baca Juga : 53 Fakta tentang Mars Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan


Fakta 11 : Komet periodik atau komet periode pendek umumnya didefinisikan memiliki periode orbital kurang dari 200 tahun.

Fakta 12 : Komet yang terkenal termasuk komet non-periodik Hale-Bopp (C / 1995 O1), Hyakutake (C / 1996 B2), McNaught (C2006 P1), dan Lovejoy (C / 2011 W3). Ini menyala terang di langit kita dan kemudian memudar menjadi tidak jelas.

Fakta 13 : Sebagai tambahan, Komet Shoemaker-Levy 9 (D / 1993 F2) terlihat setelah dipecah setelah sering akrab dipanggil dengan Jupiter.

Fakta 14 : Komet Halley periodik (1P / Halley) adalah yang paling terkenal dalam sejarah. Ia kembali ke tata surya bagian dalam setiap 76 tahun sekali. Komet periodik terkenal lainnya termasuk 2P / Encke, yang nampak 3,3 tahun dan 9P / Tempel (Tempel 2), yang dikunjungi oleh probe Deep Impact dan Stardust, dan membuat perihelion mengelilingi Matahari setiap 5.5 tahun.

Fakta 15 : Pada tahun 1705, saat mempelajari orbit beberapa komet yang diketahui, Edmond Halley menemukan bahwa komet yang diamati pada tahun 1531, 1607 dan 1682 adalah satu yang sama. Sebagai hasil dari penemuan Halley, komet itu dinamai menurut namanya. Halley's Comet terlihat setiap 75 sampai 76 tahun.

Fakta 16 : Sementara koma di atas Komet Halley dapat merentang sampai sejauh 100.000 km, nukleus sebenarnya berukuran kecil, lebarnya sekitar 15 km (9,3 mil), 8 km (5 mil) dan tebal 8 km (5 mil).

Fakta 17 : Komet Hale-Bopp barangkali adalah komet yang paling banyak dilihat abad ke-20 dan salah satu yang paling terang terlihat selama beberapa dekade. Ditemukan pada tanggal 23 Juli 1995, yang jauh dari Matahari, meningkatkan harapan bahwa komet akan sangat mencerahkan pada saat mendekati Bumi. Itu terlihat dengan mata telanjang untuk catatan 18 bulan, dua kali lebih lama dari pemegang rekor sebelumnya, Great Comet of 1811.

Fakta 18 : Komet mengorbit Matahari di jalur elips - sama seperti planet. Jalan komet meskipun jauh lebih elips daripada planet manapun.

Fakta menarik tentang komet Yang dapat menambah Pengetahuan
Fakta menarik tentang komet Yang dapat menambah Pengetahuan


Fakta 19 : Titik terdekat di orbit komet ke Matahari disebut "perihelion". Titik paling jauh disebut "aphelion".

Fakta 20 : Komet memiliki dua ekor: ekor debu (yang bisa Anda lihat dengan mata telanjang) dan ekor plasma, yang mudah difoto tapi sulit dilihat dengan mata Anda.

Fakta 21 : Terkadang komet disebut sebagai "bola salju kotor" atau "bola salju kosmik". Ini karena sebagian besar terdiri dari es, batu, gas dan debu.


Fakta 22 : Ada lebih dari 3.000 komet yang sekarang dikenal.

Baca Juga : 53 Fakta tentang Mars Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

1 Response to "Fakta menarik tentang komet Yang dapat menambah Pengetahuan"

  1. Aku jadi keinget pelajaran Fisika. Inget banget dulu ngapalin jarak bumi ke matahari bla bla bla... maju satu2 uhuksss...

    ReplyDelete

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA